Pengaruh hasil belajar ekonomi, persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap pengetahuan dasar ekonomi (Economic Literacy) siswa IPS SMAN I Singosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hasil belajar ekonomi, persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap pengetahuan dasar ekonomi (Economic Literacy) siswa IPS SMAN I Singosari

Nofianti, Ratih Indra (2011) Pengaruh hasil belajar ekonomi, persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap pengetahuan dasar ekonomi (Economic Literacy) siswa IPS SMAN I Singosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Ekonomi Persepsi Siswa atas Kompetensi Guru Ekonomi Status Sosial Ekonomi Economic Literacy. Dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidikan memiliki peranan yang sangat penting. Bentuk antisipasi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah pemberlakuan model pendidikan Life Skill Education (pendidikan kecakapan hidup Pada kecakapan hidup siswa sekolah menengah atas (SMA) mutu pelajaran ekonomi memiliki peranan penting dalam membentuk sikap rasional terutama dalam pengambilan keputusan ekonomi. Siswa yang mampu berpikir dan bersikap rasional dalam melakukan kegiatan ekonomi dapat dikatakan bahwa siswa memiliki pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Economic Literacy siswa antara lain (1) hasil belajar ekonomi (2) persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi (3) Status Sosial Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar ekonomi persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) siswa kelas XI IPS SMAN I Singosari. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari dokumentasi nilai rapor semester gasal 2010/2011serta pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Populasi penelitian yaitu siswa Kelas XI IPS 1 dan 2.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik parametrik dengan metode regresi linear berganda uji t dan uji F pada program SPSS for Windows versi 16 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh hasil belajar ekonomi terhadap economic literacy (2) terdapat pengaruh persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi terhadap economic literacy (3) tidak terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap economic literacy (4) terdapat pengaruh hasil belajar ekonomi persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi status sosial ekonomi orang tua terhadap economic literacy. Sumbangan efektif dari masing-masing variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) adalah variabel persepsi siswa atas kompetensi guru ekonomi sebesar 87 0165%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38993

Actions (login required)

View Item View Item