Wijayanti, Risma Dwi (2011) Pengaruh minat pada mata pelajaran ekonomi dan pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap rasionalitas ekonomi melalui prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Kademangan Blitar / Risma Dwi Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Minat pada mata pelajaran ekonomi Penngetahuan dasar ekonomi (economic literacy) Prestasi Belajar Rasionalitas Ekonomi. Pendidikan untuk kepentingan penanaman rasionalitas ekonomi maka pendidikan ekonomi di sekolah seharusnya memberikan konstribusi yang berarti. Mulai dari kurikulum materi pembelajaran hingga kegiatan pembelajaran di sekolah selayaknya diorentasikan untuk menanamkan sikap dan perilaku ekonomi yang bercirikan rasionalitas. Rasionalitas ekonomi sebagai sikap yang mencerminkan kecenderungan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi. Nilai mata pelajaran ekonomi dan minat siswa yang rendah mengidentifikasikan bahwa pemahaman siswa mengenai pengetahuan ekonomi dasar (economic literacy) masih kurang sehingga hasil prestasi belajar mereka mempengaruhi rasionalitas siswa dalam pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Terdapat pengaruh yang langsung antara minat pada mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi pengaruh yang langsung antara pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap prestasi belajar ekonomi pengaruh yang langsung antara minat pada mata pelajaran ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi siswa pengaruh yang langsung antara pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap rasionalitas ekonomi siswa pengaruh secara tidak langsung antara minat pada mata pelajaran ekonomi dan pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap rasionalitas ekonomi melalui prestasi belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Kademangan Blitar. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kademangan Blitar dengan populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan IIS. Sampel berjumlah 63 responden dan dipilih dengan teknik proposional random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturkan beradasarkan analisis regresi berganda dengan bantuan komputer program SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menyimpulkan (1) terdapat pengaruh langsung minat pada mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi (2) terdapat pengaruh langsung pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (3) terdapat pengaruh langsung minat pada mata pelajaran ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi siswa (4) terdapat pengaruh langsung pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap rasionalitas ekonomi siswa (5) terdapat pengaruh secara tidak langsung minat pada mata pelajaran ekonomi dan pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy)terhadap rasionalitas ekonomi melalui prestasi belajar siswa di sekolah menegah atas negeri 1 Kademangan Blitar. Dari temuan penelitian dapat diajukan saran sebagai berikut guru sebaiknya tidak hanya menekankan pada teori yang ada di buku saja tetapi diperlukan upaya lebih serius untuk mengembangkan pengetahuan tentang fenomena-fenomena ekonomi terkini agar guru memiliki pengetahuan yang luas atas perkembangan ekonomi. Sekolah perlu mengembangkan dan merancang model-model dan strategi serta metode pembelajaran ekonomi yang kreaktif dan inovatif utamanya berkaitan dengan masalah penanaman nilai-nilai rasionalitas ekonomi. Sekolah perlu menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi yang memiliki jurusan ekonomi untuk melakukan penelitian bersama dalam kaitannya dengan penngembangan pelajaran ekonomi di sekolah. Bagi kalangan pendidik hendaknya sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas kebijakan terutama yang berkaitan dengan perbaikan kurikulum dan pengembangan kompetensi serta profesionalitas guru pada umumnya dan khususnya guru ekonomi. Perguruan Tinggi Khususnya Jurusan Pendidikan Ekonnomi disarankan untuk memprakasai dilakukanya kajian dan revisi kurikulum pelajaran ekonomi. Selain itu Jurusan Pendidikan Ekonomi disarankan pula untuk mengembangkan strategi dan model-model pembelajaran ekonomi inovatif yang mampu memberikan pengaruh positif bagi peningkatan intensitas siswa untuk menanamkan nilai-nilai rasionalitas ekonomi. Peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis disarankan variabel yang diteliti lebih diperluas dan ditambah variabel lain sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |