Hubungan perilaku masyarakat dan kondisi fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang / Zakaria Adi Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perilaku masyarakat dan kondisi fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang / Zakaria Adi Putra

Putra, Zakaria Adi (2011) Hubungan perilaku masyarakat dan kondisi fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang / Zakaria Adi Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perilaku Masyarakat Kondisi Fasilitas Belajar Prestasi belajar Ekonomi Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan dan menentukan nasib bangsa. Dengan terbentuknya kualitas pendidikan yang baik maka akan terbentuk pula generasi bangsa yang cerdas dan berkompeten dibidangnya. Bidang pendidikan selalu meningkatkan sarana dan prasarana sekolah demi terselengaranya proses belajar yang baik dan nyaman. Keadaan perilaku masyarakat yang ada di sekitar siswa diduga berhubungan terhadap prestasi belajar siswa karena siswa setiap hari berinteraksi dengan lingkungan siswa yang mempunyai prilaku yang berbeda-beda ada yang baik dan ada pula yang tidak baik. Maka dari perilaku tersebut mempunyai hubungan terhadap prestasi belajar sehingga prestasi belajar siswa kurang memuaskan. Fasilitas yang ada di sekolah turut membantu siswa dalam belajar menambah pengetahuan dan memperlancar proses belajar sehingga menjadi nyaman dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara perilaku masyarakat (X1) dan kondisi fasilitas belajar yang ada di sekolah (X2) terhadap prestasi belajar (Y) pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X di SMA negeri 9 Malang. penelitian ini mempunyai dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang. sedangkan sampel penelitian adalah mengunakan proporsional random sampling dan dengan mengunakan rumus slovin sehingga dapat di ambil sampel sebesar 75 siswa dari 292 siswa kelas X di SMA Negeri 9 Malang. Hasil penelitian ini bahwa (1) terdapat hubungan secara parsial prilaku masyarakat terhadap prestasi belajar (2) terdapat hubungan kondisi fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (3)terdapat hubungan antara perilaku masyarakat dan kondisi fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 9 Malang pada mata pelajaran ekonomi. kesimpulan dari penelitian ada hubungan antara variabel independen (prilaku masyarakat dan kondisi fasilitas belajar di sekolah) terhadap variabel dependen (prestasi belajar). Hal yang harus di perhatikan oleh guru ekonomi kelas X di SMA Negeri 9 Malang untuk selalu memperhatikan perkembangan pendidikan siswanya bagi Sekolah untuk lebih menambah koleksi buku-buku mata pelajaran ekonomi dan koneksi signal wifi yang lebih suport sehingga siswa bisa memanfaatkan fasilitas yang di sediakan sekolah dengan baik sehingga bisa meningkatkan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38991

Actions (login required)

View Item View Item