Hubungan keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi (studi kasus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang semester genap tahun ajaran 2010/2011) / Reni Mayasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi (studi kasus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang semester genap tahun ajaran 2010/2011) / Reni Mayasari

Mayasari, Reni (2011) Hubungan keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi (studi kasus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang semester genap tahun ajaran 2010/2011) / Reni Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kegiatan ekstrakurikuler kebiasaan kelajar prestasi belajar Pendidikan sangat penting bagi masyarakat luas kususnya bidang IPS Ekonomi sekolah adalah suatu lembaga sosial yang berfungsi memenuhi atau memuaskan kebutuhan-kebutuhan murid dalam hal pendidikan. Tujuan utama bagi siswa adalah mendapatkan prestasi yang memuaskan (maksimal). Namun untuk memperoleh prestasi belajar yang maksimal banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor intern seperti kebiasaan belajr dan faktor ekstern yaitu kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meneliti hubungan keaktifan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi serta hubungan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang semester genap tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Data peneltian ini berupa hasil angket mengenai keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar siswa serta data rata-rata nilai ulangan harian Ekonomi semester genap. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen angket yang menjadi responden yaitu siswa. Untuk menjaga keabsahan angket dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Kegiatan analisis data menggunakan analisis deskriptif Chi-Square dan Koefisien Kontingensi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Mayoritas keaktifan kegiatan esktrakurikuler siswa yang menjadi responden termasuk kategori sedang. Sedangkan mayoritas kebiasaan belajar siswa yang menjadi responden termasuk kategori tinggi. Dan mayoritas siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang memiliki prestasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar siswa. Ada kecenderungan semakin sering atau banyak siswa yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler semakin baik prestasi belajarnya. Dan terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa. Saran-saran yang dapat peneliti berikan sebagai berikut. Bagi SMP Negeri 21 Malang untuk lebih memperbaiki waktu pelaksanaan yang tepat untuk kegiatan ekstrakurikuler agar siswa dapat membagi waktu belajar agar siswa dapat memiliki waktu yang cukup untuk belajar di rumah dan melakukan kegiatan lain di luar sekolah. Bagi guru agar selalu memotivasi siswa untuk mempertahankan prestasi belajar baik siswa. Bagi siswa sebaiknya memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesui dengan bakat dan minat agar dapat meningkatkan prestasi akademik dan non akademik. Selanjutnya bagi peneliti lain agar memperluas kajian/indikator penelitian pada variabel keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38990

Actions (login required)

View Item View Item