Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran IPS ekonomi (kasus kelas VIII di SMP Negeri 24 Malang) / Arie Nurdian Putri Anundhita

Anundhita, Arie Nurdian Putri (2011) Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran IPS ekonomi (kasus kelas VIII di SMP Negeri 24 Malang) / Arie Nurdian Putri Anundhita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Pemanfaatan Sumber Belajar, Hasil Pemanfaatan Sumber belajar Sumber belajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah selain guru, siswa, bahan ajar, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan lingkungan belajar. Pada mata pelajaran IPS ekonomi di SMP, semakin banyak tersedia sumber belajar yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan dalam mendukung proses belajar dan hasil pembelajaran ekonomi, baik yang ada di sekolah, di lingkungan sekolah. Namun sampai saat ini, belum diketahui ragam sumber belajar apa saja yang sudah dimanfaatkan dan sejauh mana pemanfaatannya dalam pembelajaran ekonomi di sekolah. Untuk mengetahui apa saja yang sudahdimanfaatkan dari sumber belajar yang tersedia, dan sampai dimana manfaatnya untuk pembelajaran ekonomi di perlukan pengamatan, dan perekaman informasi yang bersumber dari guru dan siswa untuk kasus pembelajaran kelas VIII yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 24 Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang : (1) pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran ekonomi (2) hasil pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran ekonomi. Rancangan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu surve eksploratif research. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu guru dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Sumber belajar yang dimanfaatkan dalam proses pembelajarn ekonomi yaitu bukupaket, lks, majalah, kliping, koran, lab komputer atau internet, koperasi siswa 2) hasil pemanfaatan sumber belajar yaitu bermanfaat karena dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran IPS ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bahwa perlu adanya upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber belajar, disarankan juga bagi sekolah untuk menambah sumber belajar misalnya berlangganan majalah yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, saran bagi guru tidak hanya satu kali memanfaatkan sumber belajar seperti koran, majalah, lab komputer atau internet sehingga bisa lebih memotivasi siswa dalam belajar, dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti pemanfaatan sumber belajar dalam lingkup lebih luas, dengan menggunakan subyek penelitian lebih dari satu guru dan tidak hanya terpaku di lingkungan sekitar dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38987

Actions (login required)

View Item View Item