Romdhani, Muhammad (2011) Pengaruh pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi dan tingkat rasionalitas terhadap kecenderungan berkonsumsi siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Muhammad Romdhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pemahaman Siswa Tentang Konsep Dasar Ekonomi Rasionalitas Ekonomi Kecenderungan Berkonsumsi Ekonomi sebagai salah satu mata pelajaran di SMA diharapkan mampu memberikan bekal kepada siswa untuk memiliki kecakapan di bidang ekonomi sehingga siswa mampu menjadi pelaku ekonomi yang dapat bertindak secara rasional. Dalam proses pemahamannya terhadap konsep ekonomi siswa diharapkan memiliki pola konsumsi yang rasional. Pola ekonomi yang rasional disini maksudnya bahwa siswa tidak menggunakan uang yang dimilikinya untuk mengkonsumsi barang barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Mengingat pentingnya akan suatu pemahaman tentang konsep dasar ekonomi dan tingginya rasionalitas ekonomi untuk dimiliki oleh setiap manusia maka hal tersebut perlu untuk ditanamkan untuk memperbaiki pola perilaku konsumtif yang nantinya timbul. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemahaman tentang konsep dasar ekonomi (X1) dan tingkat rasioalitas (X2) sebagai variabel independen dan kecenderungan berkonsumsi siswa (Y) sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan antara pemahaman tentang konsep dasar ekonomi dan tingkat rasionalitas ekonomi secara parsial dan simultan terhadap kecenderungan berkonsumsi siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Polulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang sedangkan sampel diambil sebanyak 75 siswa dengan teknik propotional random sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan analisa data menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows dengan taraf signifikansi 5%. Melalui proses pengolahan data dan analisis regresi berganda diketahui hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Tingginya pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi memiliki pengaruh terhadap meningkatnya kecenderungan berkonsumsi siswa. (2) kenaikan tingkat rasionalitas akan berpengaruh terhadap menurunnya kecenderungan berkonsumsi dan (3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi dan tingkat rasionalitas terhadap kecenderungan berkonsumsi siswa. sebesar 0 183 atau 18 3% Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap kecenderungan berkonsumsi siswa Tingkat rasionalitas berpengaruh negatif signifikan terhadap kecenderungan berkonsumsi siswa dan secara simultan pemahaman siswa tentang konsep dasar ekonomi dan tingkat rasionalitas berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan berkonsumsi siswa. Saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan penelitian ini adalah (1) Kualitas kegiatan belajar mengajar di sekolah hendaknya ditingkatkan misalnya dengan peningkatan kedisiplinan atau menciptakan suatu program yang mendidik siswa untuk lebih rasional dalam pola konsumsinya. (2) Guru hendaknya dapat memberikan pengarahan kepada siswa mengenai pentingnya memberikan pemahaman pada siswa mengenai konsep dasar ekonomi. Agar siswa siswa mengerti maksud dan tujuan dari pemahaman tersebut sehingga siswa dapat merubah kecenderungan berkonsumtifnya. Dan (3) Peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian diluar variabel pada penelitian ini karena masih banyak lagi variabel lain yang mempengaruhi k ecenderungan berkonsumsi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |