Ulminatin, Syarri (2011) Keefektifan penggunaan tipe pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada pelajaran ekonomi di SMA BSS (Brawijaya Smart School) Malang / Syarri Ulminatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Tipe Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Tipe Pembelajaran Talking Stick Hasil Belajar Rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia lebih dikarenakan oleh mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia yang masih rendah. Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya masing-masing. Untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu adanya pembaharuan dalam bidang pendidikan yang meliputi pembaharuan kurikulum peningkatan kualitas pembelajaran dan efektifitas metode pembelajaran. Tipe pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menghadirkan masalah dunia nyata kedalam pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami materi dan bukan sekedar menghafal saja. Tipe pembelajaran Talking Stick mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat sehingga tipe pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Talking Stick membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman tentang materi dan hasil belajarnya.Tujuan utama adalah untuk mendapatkan gambaran tentang hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan penggunaan tipe pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan tipe pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini dilakukan di SMA BSS (Brawijaya Smart School) Malang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMA BSS (Brawijaya Smart School) Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 sedangkan sampelnya kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental (eksperimen semu). Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonrandomized control group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil pada tes kemampuan akhir (post-test) antara kelas yang menggunakan tipe pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan tipe pembelajaran Talking Stick. Terbukti dari nilai rata-rata kedua kelas pada saat tes kemampuan akhir (post-test). Rata-rata kelas X-1 (kelas eksperimen)yang diajar dengan menggunakan tipe pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas X-4 (kelas kontrol) yang menggunakan tipe pembelajaran Talking Stick. Hasil belajar tersebut membuktikan bahwa tipe pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih efektif dari pada tipe pembelajaran Talking Stick Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam mengajar guru hendaknya menggunakan tipe pembelajaran Problem Based Learning (PBL) karena dapat meningkatkan hasil belajar sesuai dengan pilihan materi yang cocok untuk memecahkan masalah khususnya pada materi konsumsi dan tabungan. Bagi peneliti lain disarankan untuk menerapkan tipe pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan yang berbeda dan sampel yang lebih luas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |