Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Lilik Andriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Lilik Andriana

Andriana, Lilik (2011) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang / Lilik Andriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kecerdasan Intelektual (IQ) Fasilitas belajar Hasil Belajar Siswa Hasil belajar merupakan suatu alat untuk mengetahui sampai sejauh mana penguasaan siswa terhadap suatu pelajaran. Pada dasarnya kemampuan setiap orang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Dengan kecerdasan intelektual berkategori rata-rata maka kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah akan terarah begitu juga dengan fasilitas belajar akan sangat mendukung dalam memperoleh tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pengaruh tingkat kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar siswa (2) untuk mendeskripsikan pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa (3) untuk mendeskripsikan pengaruh tingkat kecerdasan intelektual (IQ) dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat korelasional dan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk mengukur fasilitas belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Malang dengan jumlah 245 dengan sampel sebanyak 63 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample random sampling. Taraf signifikansi yang digunakan adalah 5%. Dari hasil penelitian menunjukkan bila kecerdasan intelektual sebesar satu satuan maka hasil belajar siswa (Y) akan meningkat sebesar 0 414. Apabila fasilitas belajar meningkat satu satuan maka hasil belajar siswa (Y) akan meningkat sebesar 0 501. SedangkanAdjusted R-Square sebesar 0 621 menunjukkan bahwa perubahan variabel hasil belajar siswa (Y) berkorelasi dengan variasi perubahan variabel kecerdasan intelektual ( ) dan fasilitas belajar ( sebesar 62 1%. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan positif tingkat kecerdasan intelektual (IQ) terhadap hasil belajar siswa di SMPN 7 Malang (2) terdapat pengaruh signifikan positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SMPN 7 Malang (3) secara simultan terdapat pengaruh signifikan positif tingkat kecerdasan intelektual (IQ) dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SMPN 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38982

Actions (login required)

View Item View Item