Efektivitas penerapan strategi pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Tournament) yang dipadukan dengan model Time Token Arends dan tipe pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek pada mata pelajaran ekonomi / Kiki Eka - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan strategi pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Tournament) yang dipadukan dengan model Time Token Arends dan tipe pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek pada mata pelajaran ekonomi / Kiki Eka

Susilo, Kiki Eka Hascika (2011) Efektivitas penerapan strategi pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Tournament) yang dipadukan dengan model Time Token Arends dan tipe pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek pada mata pelajaran ekonomi / Kiki Eka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil belajar siswa Model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Time Token Arends dan Konvensional Sistem Pendidikan Nasional sampai saat ini menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dalam proses belajar mengajar sehingga diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah mampu menguasai materi pelajaran dan memilih metode yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan efektivitas metode pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Tournament) yang dipadukan dengan model Time Token Arends dan tipe Konvensional pada mata pelajaran Ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Trenggalek yang berlangsung selama dua kali pertemuan dengan pokok bahasan Permintaan dan Penawaran Uang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XH sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model TGT yang dipadukan dengan model Time Token Arends dan siswa kelas XA sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data melalui tes (pre-test dan post-test) dan lembar observasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas varian uji kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) yang dipadukan dengan Model Time Token Arends sangat menarik dan tidak membosankan karena mengandung unsur permainan. Di samping itu model tersebut juga dapat menumbuhkan sikap untuk berkompetensi antar kelompok sehingga dapat mendorong siswa untuk menguasai materi secara mendalam serta dapat melatih siswa untuk dapat mengemukakan ide maupun pendapat dengan lebih kreatif dapat menghilangkan sifat egois tidak mendominasi kelompok dan menang sendiri serta mau menerima ide/pendapat orang lain dan menggunakannya yang dirasa lebih baik. Sedangkan Model Konvensional cenderung berpusat pada guru sedangkan posisi siswa hanya sebagai pendengar dan pencatat saja. Jadi kecil peluang bagi siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran ekonomi pada pembelajaran model TGT yang dipadukan dengan model Time Token Arends dan model Konvensional. Di mana penggunaan metode pembelajaran kooperatif model TGT yang dipadukan dengan model Time Token Arends di SMA Negeri 2 Trenggalek lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38980

Actions (login required)

View Item View Item