Jumroatun, Laili (2018) Implementasi budaya sekolah Islam dalam rangka pembinaan karakter siswa (studi kasus di MTsN 1 Tulungagung dan SMP Al Azhaar Tulungagung) / Laili Jumroatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Jumroatun L. 2018. Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Rangka Pembinaan Karakter Siswa Studi Kasus di MTsN 1 Tulungagung dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung Skripsi Jurusan Administasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. H. Burhanuddin M.Ed Ph.D Pembimbing (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd. Kata Kunci budaya sekolah Islami pembinaan karakter siswa. Budaya sekolah Islami merupakan kebiasaan-kebiasaan positif yang selalu dilakukan oleh semua warga sekolah terutama peserta didik. Penerapan budaya sekolah Islami dapat dijadikan sebagai pembinaan karakter siswa menjadi karakter Islami pula. Budaya sekolah Islami diterapkan di sekolah-sekolah yang berbasis sekolah Islam yaitu MTsN 1 Tulungagung dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Kedua sekolah ini berbasisi Islami namun memiliki perbedaan dalam pengimplementasian. Berdasarkan informasi tersebut peneliti bermaksud meneliti tentang implementasi budaya sekolah Islami dalam rangka pembinaan karakter siswa. Fokus penelitian yaitu (1) Nilai-nilai yang terkandung dalam budaya sekolah Islami (2) Peran kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan budaya sekolah Islami dalam rangka pembinaan karakter siswa dan (3) Masalah-masalah dan solusi yang dihadapi dalam implementasi budaya sekolah Islami dalam rangka pembinaan karakter siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Tulungagung dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung menggunakan jenis kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tahap-tahap teknik triangulasi kecakupan referensial perpanjangan waktu pengamatan dan pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi budaya sekolah Islami dalam rangka pembinaan karakter siswa di MTsN 1 Tulungangung dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung meliputi (1) Nilai-nilai yang terkandung di dalam budaya sekolah Islami peran kepala sekolah dan guru dan masalah dan solusi. Adapun nilai yang terkandung dalam budaya sekolah Islami yaitu nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran agama Islam (2) Peran kepala sekolah yaitu membuat sistem pembagian tugas dan sebagai leader sedangkan peran guru adalah mendidik dan mendampingi siswa dalam penerapan budaya sekolah Islami. Untuk masalah dalam implementasi budaya sekolah Islami berasal dari siswa yang mana siswa ada yang enggan melaksanakan budaya sekolah Islami (3) Untuk memecahkan masalah-masalah tersebut maka diperlukan solusi. Solusinya yaitu dengan membuatkan tim koordinator keagamaan tidak bosan-bosan menegur atau mengingatkan siswa dan guru senantiasa mengajak siswa berbuat baik atau memberikan contoh yang bertauladan baik. ii Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Kepala MTsN 1 Tulungagung dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung mempertahankan nilai-nilai Islami yang diterapakan ke dalam budaya sekolah Islami di mana kepala sekolah dapat menciptakan budaya sekolah yang unggul agar dapat mewujudkan sekolah yang semakin maju dan berkembang. Di samping itu mampu bersaing dengan sekolah lainnya (2) Guru-guru di kedua sekolah ini perlu meningkatkan kemampuan membimbing dan mendidik peserta didik dalam rangka membentuk karakter peserta didik menjadi karakter yang soleh dan solehah (3) Orangtua perlu meningkatkan pengawasan terhadap anaknya saat di rumah agar penanaman nilai-nilai budaya Islami dapat berjalan dengan baik dan membentuk karakter anak dapat sukses (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat menjadikannya sebagai contoh penerapan kegiatan budaya sekolah Islami yang diterapkan di MTsN 1 Tulungagung dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung dan (5) Peneliti lain dapat mengembangkan penelitian serupa tetapi dengan lingkup variabel yang berbeda dan menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3898 |
Actions (login required)
View Item |