Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Singosari / Rufiani Arum Primilianti

Primilianti, Rufiani Arum (2011) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Singosari / Rufiani Arum Primilianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif (Numbered Head Together), Hasil Belajar Siswa Untuk membelajarkan siswa agar siswa tersebut cakap, kreatif, dan mandiri sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Numbered Head Together merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada kelas heterogen. Model pembelajaran ini melibatkan siswa dalam me-review bahan ajar yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek atau memeriksa pemahaman siswa mengenai isi pelajaran Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) sebab penelitian ini menggunakan dua kelompok, Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas yang dalam proses pembelajaran menggunakan metode (Numbered Head Together), sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan metode Konvensional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Singosari, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonrandomized Control-Group Pretest-Posttest, serta pemilihan kelompok sampel yang dilakukan dengan dipilih 2 kelas dengan teknik Purposive Sampling (sampel bertujuan). Dimana dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel setiap kelas terdiri dari 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif (Numbered Heat Together) berbeda dengan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata nilai kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan pada saat pre tes yaitu 62,22 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebelum diberi perlakuan pada saat pre tes yaitu 63,5. Namun rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberi perlakuan pada saat pos tes yaitu 85,38 sedangkan rata-rata kelas kontrol setelah diberi perlakuan pada saat post tes yaitu 79,31. Dari hasil analisis perbedaan yakni nilai probabilitas (Sig) = 0,000 < 0,05 jadi Ho ditolak dan Ha diterima pada &#945; 5%. Dari analisis tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Singosari. Sehingga disarankan bagi pihak sekolah Bagi pihak pengelola SMP Negeri 1 Singosari perlu kiranya penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru yang dapat mendukung hasil belajar siswa, guru dapat menerapkan metode Numbered Head Together pada kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya dengan memilih metode belajar yang menjadikan siswa lebih aktif dan siswa perlu memperkaya ilmu dan pengetahuan melalui berbagai sumber belajar lain selain guru untuk mendukung kegiatan belajar di dalam kelas, pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together perlu diterapkan dan dikembangkan pada materi yang lain, sehingga dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38979

Actions (login required)

View Item View Item