pengaruh computer anxiety dan prestasi belajar mata kuliah pengantar akuntansi terhadap penguasaan komputer akuntansi (MYOB accounting) pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Praptiwi Suryaning Tias - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh computer anxiety dan prestasi belajar mata kuliah pengantar akuntansi terhadap penguasaan komputer akuntansi (MYOB accounting) pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Praptiwi Suryaning Tias

Tias, Praptiwi Suryaning (2011) pengaruh computer anxiety dan prestasi belajar mata kuliah pengantar akuntansi terhadap penguasaan komputer akuntansi (MYOB accounting) pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Praptiwi Suryaning Tias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Computer Anxiety Pengantar Akuntansi Komputer Akuntansi (Myob Accounting) Mengingat pentingnya penguasaan Myob Accounting bagi seorang akuntan maka mahasiswa akuntansi dituntut tidak hanya mampu menguasai teori-teori akuntansi melainkan juga harus mampu menguasai teknologi komputer. Tujuan pertama dalam penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh computer anxiety terhadap penguasaan komputer akuntansi (Myob Accounting). Tujuan kedua yaitu untuk menjelaskan pengaruh prestasi belajar mata kuliah pengantar akuntansi terhadap penguasaan komputer akuntansi (Myob Accounting) Variabel dalam penelitian ini terdiri dari computer axiety (X1) prestasi belajar matakuliah pengantar akuntansi (X2) dan penguasaan komputer akuntansi (Myob Accounting) (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2006/2007 2007/2008 dan 2008/2009 dengan diperoleh sampel sebanyak 97 responden yang dipilih berdasarkan Stratified Random Sampling. Angket yang digunakan untuk mengukur tingkat computer anxiety pada mahasiswa akuntansi adalah CARS (Computer Anxiety Rating Scale) dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi ganda dengan uji hipotesis yang meliputi uji t dan uji F. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Computer anxiety berpengaruh negatif terhadap penguasaan komputer akuntansi (Myob Accounting).Hasil tersebut berarti bahwa semakin rendah tingkat computer anxiety maka penguasaan komputer akuntansi yang dimiliki tinggi. 2) Prestasi belajar matakuliah pengantar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan komputer akuntansi (Myob Accounting) yang berarti semakin tinggi prestasi matakuliah pengantar akuntansi maka semakin tinggi pula penguasaan komputer akuntansi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu computer anxiety berpengaruh negatif terhadap penguasaan komputer akuntansi dan prestasi belajar matakuliah pengantar akuntansi berpengaruh positif terhadap penguasaan komputer akuntansi. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah (1) variabel berpengaruh yang digunakan hanya terbatas pada dua variabel saja (2) mensejajarkan antara variabel computer anxiety dan prestasi matakuliah Pengantar Akuntansi (3) instrumen CARS tidak diadaptasikan pada kalimat yang mengarah pada software Myob Saran yang dapat diberikan yaitu (1) hendaknya dosen akuntansi lebih mengintegrasikan setiap materi akuntansi dengan teknologi komputer dan lebih mengefektifkan pembelajaran matakuliah pengantar akuntansi (2) Mahasiswa akuntansi diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berkomputer dan meningkatkan prestasi belajar matakuliah pengantar akuntansi (3) peneliti selanjutnya hendaknya menambahkan variabel diluar penelitian ini menjadikan variabel computer anxiety sebagai variabel moderating ataupun intervening dan mengadaptasi kalimat yang digunakan pada instrumen CARS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38978

Actions (login required)

View Item View Item