Pengaruh cara belajar dan tingkat stres terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Malang / Andi Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh cara belajar dan tingkat stres terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Malang / Andi Setiawan

Setiawan, Andi (2011) Pengaruh cara belajar dan tingkat stres terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Malang / Andi Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Cara Belajar Tingkat Stres Hasil Belajar Ekonomi. Cara belajar merupakan strategi yang dilakukan siswa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Cara belajar dibagi menjadi cara belajar di rumah dan cara belajar di sekolah. Tingkat stres merupakan tekanan pada aspek emosi fisik intelektual dan interpersonal siswa sebagai akibat dari adanya stressor yang diperoleh individu. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh antara cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Malang (2) Bagaimana pengaruh antara tingkat stres terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Malang (3) Bagaimana pengaruh antara cara belajar dan tingkat stres terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Malang . Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Malang. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis deskriptif korelasionalnya menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel cara belajar (X1) dan tingkat stres (X2) terhadap hasil belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara cara belajar terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikansi t (0 000) lebih kecil dari 945 (0 05) dan sumbangan efektif 6 62% terdapat pengaruh negatif antara tingkat stres terhadap hasil belajar dengan tigkat signifikansi t (0 000) lebih kecil dari 945 (0 05) dan sumbangan efektif 57 22%. Secara simultan terdapat pengaruh cara belajar dan tingkat stres terhadap hasil belajar dengan Fhitung 145.934 dan taraf signifikansi sebesar 0 000 angka Adjusted R Square 0 634. Berdasarkan hasil penelitian ini saran (1) bagi siswa dapat mengatur waktu dan cara belajarnya lebih efektif dan aktif dalam mengikuti pelajaran dan berusaha mengatasi stres yang dialami dalam belajar seperti memanfaatkan waktu luang sebaik-baiknya belajar atau mempersiapkan pelajaran sebelum dimulai dan rajin berolah raga (2) bagi sekolah perlu memberikan bimbingan kepada siswa dalam hal cara belajar dan mengolah stres agar siswa lebih baik dalam mengatasi masalah yang dapat menimbulkan stres dalam belajar (3) bagi peneliti lain diharapkan untuk lebih dalam dan spesifik dalam meneliti masalah tingkat stres siswa dengan metode yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38975

Actions (login required)

View Item View Item