Pengaruh minat baca, kebiasaan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang / Dyas Erviana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat baca, kebiasaan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang / Dyas Erviana Sari

Sari, Dyas Erviana (2011) Pengaruh minat baca, kebiasaan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang / Dyas Erviana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Minat Baca Kebiasaan Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah Prestasi Dalam proses pembelajaran keberhasilan seorang peserta didik dalam menguasai mata pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut bisa berasal dari dalam diri siswa adalah minat baca. Minat baca sangat berperan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Selain faktor minat baca faktor yang turut mendukung dalam keberhasilan siswa menguasai mata pelajaran adalah kebiasaan belajar siswa. Siswa yang memiliki suatu kebiasaan belajar yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan dapat membantu penguasaan siswa selain faktor kebiasaan belajar faktor lain yang mempengaruhi yaitu faktor pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dengan adanya fasilitas yang memadai di sekolah maka kegiatan pembelajaran siswa dapat tercapai terhadap mata pelajaran sehingga waktu ujian dilaksanakan siswa sudah benar-benar siap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca kebiasaan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang baik secara parsial maupun simultan dan yang berpengaruh secara dominan terhadap prestasi belajar. Variabel bebas penelitian ini adalah minat baca (X1) kebiasaan belajar (X2) pemanfaatan fasilitas belajar (X3) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah Prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan selama bulan November Januari 2010. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi yang diambil adalah siswa siswi SMA Negeri 6 Malang yang terdiri dari 223 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling sehingga diperoleh sampel 48 responden. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitias dengan sampel uji coba sebanyak 20 responden. Data diperoleh melalui responden menggunakan kuesioner/angket tertutup dan diukur menggunakan skala Likert dengan skala lima. Sedangkan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS for windows seri 16.0. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh gambaran sebagai berikut (1) minat baca kebiasaan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dalam kategori cukup baik. (2) minat baca kebiasaan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh positif dan seginifikan secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar. (3) Komponen yang dominan secara tidak langsung dan signifikan terhadap prestasi belajar adalah pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. (a) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang terbukti dari hasil uji secara parsial dengan 945 5 % (0 05) menunjukkan nilai t hitung t tabel (3 214 2 321). (b) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang terbukti dari hasil uji secara parsial dengan 945 5 % (0 05) menunjukkan nilai t hitung t tabel (3 102 2 321). (c) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Malang terbukti dari hasil uji analisis secara parsial dengan 945 5 % (0 05) menunjukkan nilai t hitung t tabel (3 463 2 321). (d) Secara simultan terhadap pengaruh yang signifikan antara faktor minat baca kebiasaan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 6 Malang terbukti dari hasil uji analisis secara simultan dengan 945 5 % (0 05) ) menunjukkan nilai t hitung t tabel (3 826 2 321). Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. (1) Minat baca berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (2) Kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (3) Pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa (4) Minat baca kebiasaan belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan (5) Pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah merupakan faktor yang dominan mempengaruhi prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dapat ditujukan pada siswa - siswi berdasar dari hasil penelitian ini yaitu bagi siswa yang belajarnya kurang diharapkan selalu berusaha meningkatkan prestasi belajarnya dengan membiasakan lebih teratur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38971

Actions (login required)

View Item View Item