Pengaruh pemahaman ekonomi, status sosial ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Malang / Bagus Shandy N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemahaman ekonomi, status sosial ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Malang / Bagus Shandy N.

Shandy N., Bagus (2011) Pengaruh pemahaman ekonomi, status sosial ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Malang / Bagus Shandy N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pemahaman Ekonomi (Economic Literacy) Status Sosial Ekonomi Gaya hidup Perilaku Konsumsi Penelitian ini bermula dari fenomena perilaku remaja saat ini yang cende-rung berperilaku kurang rasional dalam berekonomi. Gaya hidup saat ini didukung pembangunan yang pesat hampir dipenjuru kota Malang hal ini mendorong perilaku yang cenderung tidak rasional dan konsumtif. Tidak cukup pemahaman ekonomi saja yang dibutuhkan saat ini melainkan harus disertai rasionalitas dan moralitas agar mampu menentukan pilihan-pilhan ekonomi termasuk dalam hal berkonsumsi. Tujuan penelitian ini Untuk menganalisis pengaruh pemahaman ekonomi terhadap perilaku konsumsi pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi pengaruh gaya hidup siswa siswa terhadap perilaku konsumsi dan pengaruh pemahaman ekonomi status sosial ekonomi dan gaya hidup secara simultan terhadap perilaku konsumsi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Malang. Rancangan penelitian ini adalah eksplanatory yaitu menganalisis pengaruh antar variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 17 for Windows. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pemahaman ekonomi (X1) status sosial ekonomi (X2) dan gaya hidup (X3). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah perilaku konsumsi. Dari hasil penelitian sebanyak 54% memliki perilaku kurang rasional. Hal ini dimungkinkan siswa memiliki gaya hidup yang tinggi yaitu sebanyak 58 82% dan status sosial yang mayoritas termasuk kategori tinggi. Meskipun hasil lain pemahaman ekonomi mayoritas siswa tergolong baik yaitu dengan rata-rata 79 5. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pemahaman ekonomi terha-dap perilaku konsumsi (2) terdapat pengaruh negatif variabel status sosial ekonomi terhadap perilaku konsumsi (3) terdapat pengaruh negatif variabel gaya hidup terhadap perilaku konsumsi (4) Pemahaman ekonomi status sosial dan gaya hidup secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XII IS SMA Negeri 1 Malang. Saran yang bisa dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian ini adalah (1) Bagi guru hendaknya untuk lebih meningkatkan pemahaman ekonomi tetapi juga disertai aplikasinya dalam kehi-dupan sehari-hari. (2) Bagi universitas untuk mengembangkan pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) dan nantinya dapat memberikan penyuluhan kesekolah-sekolah mengenai pentingnya pemahaman dasar ekonomi (3) Bagi pe-neliti lain yang hendak mengadakan penelitian sejenis disarankan menggunakan wilayah populasi dan sampel yang lebih luas misalnya dengan mengadakan pene-litian di beberapa sekolah agar ruang lingkup hasil penelitian lebih menyeluruh dengan mengungkap faktor-faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38969

Actions (login required)

View Item View Item