Efektivitas penggunaan model role playing dan model think pair share dengan evaluasi cerita bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Pare / Ahmad Chafid Alwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan model role playing dan model think pair share dengan evaluasi cerita bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Pare / Ahmad Chafid Alwi

Alwi, Ahmad Chafid (2011) Efektivitas penggunaan model role playing dan model think pair share dengan evaluasi cerita bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Pare / Ahmad Chafid Alwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model role playing model think pair share evaluasi cerita bergambar hasil belajar. Dalam proses pembelajaran perlu dipahami pentingnya komponenkomponen di dalamnya mulai dari kurikulum guru siswa metode materi media dan evaluasi. Komponen tersebut tidak bisa dipisahkan atau bahkan ditiadakan salah satunya. Dalam hal ini seorang guru memiliki pilihan akan model pengajaran materi yang akan digunakan dan metode-metode pembelajaran yang tepat. SMA Negeri 2 Pare merupakan sekolah RSBI yang belum lama dirintis oleh karena itu banyak hal dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun belum semua metode pembelajaran kooperatif diterapkan terlebih untuk metode role playing dan penggunaan evaluasi cerita bergambar. Dengan demikian pembahasan mengenai model role playing dan evaluasi cerita bergambar tersebut diperlukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model role playing dan evaluasi cerita bergambar penerapan model think pair share dan evaluasi cerita bergambar serta mengetahui peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan pembelajaran menggunakan model role playing dan evaluasi cerita bergambar dengan siswa yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Model think pair share dan evaluasi cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonrandominzed control group pretest-posttest. Data penelitian ini berupa paparan hasil posttest yang diperoleh dari pelaksanaan tes setelah penerapan metode role playing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan pemberian tes. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan hasil dokumentasi aktivitas pembelajaran. Untuk menjaga keabsahan di lakukan uji coba instrumen yang terdiri dari uji validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya beda tes. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap uji normalitas dan homogenitas yang dilanjutkan dengan tahap uji beda rata-rata. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model role playing menunjukkan perubahan yang signifikan di mana hasil yang baik dapat diperoleh setelah metode tersebut diterapkan. Hal ini dikarenakan kelebihan pada metode ini muncul di lapangan. Kedua hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model think pair share menunjukkan perubahan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan kelemahan pada metode ini muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung. Ketiga terdapat perbedaan efektivitas metode pembelajaran di mana hasil belajar siswa yang diajar dengan metode role playing lebih baik dari siswa yang diajar dengan metode think pair share dengan evaluasi cerita bergambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38967

Actions (login required)

View Item View Item