Pengaruh status sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang) / Eltina Nourma A.H - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang) / Eltina Nourma A.H

Nourma A.H, Eltina (2011) Pengaruh status sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang) / Eltina Nourma A.H. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Status sosial ekonomi Perhatian orang tua Prestasi belajar. Status sosial ekonomi adalah suatu keadaan sosial ekonomi yang menyangkut tentang kedudukan dan prestise seseorang atau keluarga. Status sosial ekonomi menentukan kemampuan orang tua dalam membiayai pendidikan anak Sedangkan perhatian orang tua adalah kepedulian orang tua terhadap proses belajar siswa dimana orang tua menyediakan fasilitas sarana belajar untuk menunjang suatu kegiatan belajar maupun kegiatan diluar belajar dan memberikan dorongan terhadap anaknya untuk meningkatkan prestasi belajar. Dengan adanya status sosial ekonomi dan perhatian orang tua yang tinggi diduga akan mempengaruhi prestasi belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang (3) pengaruh status sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersampel 75 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda menggunakan SPPS 16.0 diperoleh signifikansi pada variabel status sosial ekonomi orang tua (X1) signifikansi 0.000. Besarnya probabilitas signifikansi 0 000 kurang dari 0 05. Sehingga H0 ditolak dan koefisien regresi signifikan. Sedangkan signifikansi pada variabel perhatian orang tua (X2) sebesar 0 000 kurang dari 0 05. Sehingga H0 ditolak dan koefisien regresi signifikan. Dari data Anova diketahui signifikansi 0 000 oleh karena signifikansi (0 000) lebih kecil dari 0 05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah Bagi sekolah diharapkan pihak sekolah mampu membangun kerjasama dengan para orang tua siswa untuk membina hubungan yang baik dengan cara pertemuan wali murid pada saat penerimaan raport atau pertemuan lainnya untuk membahas pendidikan dan perkembangan anak serta dapat mengetahui sejauh mana perkembangan prestasi belajar siswa dan hambatan apa yang dihadapi siswa dirumah sehingga siswa kurang mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Bagi orang tua hendaknya orang tua berusaha meningkatkan perhatian mereka kepada anaknya dengan cara memberikan pengawasan kepada anak untuk senantiasa dapat meningkatkan prestasi belajar. Misalnya dengan mengingatkan anak untuk belajar atau mengerjakan tugas dari sekolah. Bagi peneliti selanjutnya untuk melengkapi hasil penelitian ini perlu mengadakan penelitian kembali untuk sampel yang lebih luas lagi dan menghubungkan variabel lain di luar variabel dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38966

Actions (login required)

View Item View Item