Pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 13 Malang / Artana Sandra Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 13 Malang / Artana Sandra Nugroho

Nugroho, Artana Sandra (2011) Pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 13 Malang / Artana Sandra Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kompetensi Guru Fasilitas Belajar di Sekolah Hasil Belajar Suatu negara dapat dikatakan sebagai negara berkembang maupun negara maju dapat dilihat dari tingkat pendidikan yang ada di negara tersebut. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki oleh masyarakat di suatu negara maka akan semakin maju negara tersebut. Pendidikan yang dimaskud di sini adalah pendidikan formal yang ada di sekolah. Mutu pendidikan dapat diukur dari tingkat kompetensi yang dimiliki oleh guru-guru dan juga di dukung oleh Fasilitas sekolah yang memadai. Semakin baik kompetensi yang dimiliki oleh guru di suatu sekolah maka prestasi yang di dapatkan oleh siswanya pun juga akan baik serta didukung oleh keadaan Fasilitas sekolah yang memadai yang dapat membuat siswa lebih bersemangat mengikuti pelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa eberhasilan siswa ditentukan oleh kompetensi guru dan Fasilitas belajar di sekolah. Berdasarkan paparan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 13 Malang Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara kompetensi guru di sekolah dengan hasil belajar siswa untuk menjelaskan hubungan antara fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar siswa dan untuk menjelaskan secara bersama-sama bagaimana hubungan antara kompetensi dan fasilitas belajar di sekolah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan angket observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini di lakukan di SMPN 13 Malang dengan populasi siswa kelas VIII keseluruhan berjumlah 301 dan diambil sampel sebanyak 132 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Data analisis dengan teknik persentase korelasi dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 16.00 for Windows. dengan fokus penelitian yaitu nilai UTS (Ulangan Tengah Semester) pada semester gasal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara kompetensi guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMPN 13 Malang. Dari hasil penelitian dapat dilihat tingkat kompetensi guru secara keseluruhan adalah dalam kategori baik. Hal ini terbukti dari 132 responden terdapat 96 responden atau 72 2% yang memiliki tingkat pengaruh dari kompetensi pedagogik guru sedangkan kompetensi kepribadian guru sebanyak 90 responden atau 68 18% kompetensi profesional guru sebanyak 75 responden atau 58 82% kompetensi sosial kemasyarakatan guru sebanyak 69 responden atau 52 75% . Dari hasil analisis diketahui t hitung sebesar 7 384 sedangkan t tabel 1 656. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di SMPN 13 Malang. Hasil analisis regresi menunjukkan Sumbangan Efektifitas kompetensi guru (X1) sebesar (0.545)2 0.2970 29%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru memberikan kontribusi sebesar 29% terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat dilihat tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah secara keseluruhan adalah dalam kategori baik hal ini terbukti dari 132 responden sebanyak 107 responden atau 81 06% yang memiliki tingkat pengaruh dengan adanya fasilitas gedung sekolah yang tersedia fasilitas laboratorium terdapat 86 responden atau 65 15% fasilitas perpustakaan terdapat 78 responden atau 59 09% ruang kelas terdapat 67 responden atau 50 75%. Dari hasil analisis diketahui t hitung sebesar 2 407 sedangkan t tabel 1 656. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMPN 13 Malang. Hasil analisis regresi menunjukkan Sumbangan Efektifitas fasilitas belajar disekolah (X2) sebesar (0.207)2 0 0428 4%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas belajar di sekolah memberikan kontribusi sebesar 0 428 atau 4% terhadap hasil belajar. Nilai F sebesar 162 101 dan 3 06. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang simultan dan signifikan antara kompetensi guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 13 Malang. Semakin tinggi kompetensi guru dan fasilitas belajar di sekolah yang mempengaruhi hasil belajar maka hasil belajar siswa juga tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38965

Actions (login required)

View Item View Item