Rahmadani, Nila (2011) Pengaruh kebiasaan belajar antara siswa yang tinggal di Pondok Pesantren dengan siswa yang tinggal Pondok Pesantren terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi (Studi pada kelas VIII MTs Surya Buana Malang) / Nila Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Kebiasaan belajar prestasi belajar rumah pondok pesantren siswa MTs Kebiasaan belajar adalah cara-cara melakukan kegiatan belajar yang telah biasa dilakukan. Kebiasaan belajar bukanlah bakat alamiah atau bawaan sejak lahir tetapi dibentuk oleh individu itu sendiri karena berinteraksi dengan lingkungannya. Setiap siswa memiliki kebiasaan belajar yang berbeda-beda sesuai dengan selera keyakinan dan kondisi masing-masing maka dari itu lingkungan sangat mempengaruhi dalam proses belajar terutama untuk siswa. Di lingkungan pondok pesantren terdapat berbagai kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa sehingga siswa harus pandai mengatur waktu dengan baik. Sedangkan di rumah siswa dapat mengatur waktu belajar dengan baik dan mendapat perhatian langsung dari orang tua. Setiap siswa memiliki kebiasaan belajar yang berbeda-beda sesuai dengan selera dan kondisi masing-masing maka dari itu lingkungan sangat mempengaruhi kebiasaan belajar siswa. Kebiasaan belajar yang baik akan menunjang keberhasilan prestasi belajar yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII MTs Surya Buana yang tinggal di dalam pondok pesantren untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII MTs Surya Buana yang tinggal di dalam pondok pesantren dengan yang tinggal di luar pondok pesantren serta untuk mengetahui perbedaan pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII MTs Surya Buana antara yang tinggal di dalam pondok pesantren dengan yang tinggal di luar pondok pesantren. Kebiasaan belajar yaitu kecenderungan siswa untuk bertindak secara teratur bersifat tetap otomatis dilakukan terus-menerus dan tanpa ragi-ragu dalam aktifitas belajarnya. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang telah dilakukan siswa yang meliputi kemampuan pengetahuan ketrampilan intelektual serta dalam bentuk sikap dan nilai yang dilakukan melalui serangkaian tes atau ujian yang dijabarkan dalam bentuk nilai. Sedangkan pondok pesantren adalah asrama pendidikan islam tradisional di mana para santrinya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan kyai atau udztadz asrama untuk para santri tersebut berada di dalam lingkungan kompleks pesantren dimana kyai bertempat tinggal yang menyediakan masjid untuk beribadah dan ruang untuk kegiatan-kegiatan lain. Penelitian ini merupakan deskriptif komparatif dengan regresi. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Surya Buana Malang yang berjumlah 69 siswa sehingga dalam penelitian ini tidak mengambil sampel karena dengan jumlah populasi yang sedikit maka semua populasi dijadikan responden dalam penelitian. Jadi dapat dikatakan bahwa dalam penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) kebiasaan belajar siswa kelas VIII MTs Surya Buana Malang yang tinggal di dalam pondok pesantren dalam keadaan baik (2) kebiasaan belajar siswa kelas VIII MTs Surya Buana Malang yang tinggal di luar pondok pesantren dalam keadaan baik (3) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII MTs Surya Buana Malang yang tinggal di dalam pondok pesantren dalam keadaan baik (4) prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Surya Buana Malang yang tinggal di luar pondok pesantren dalam keadaan baik (5) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII MTs Surya Buana yang tinggal di dalam pondok pesantren (6) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII MTs Surya Buana yang tinggal di luar pondok pesantren (7) terdapat perbedaan pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII MTs Surya Buana antara siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren. Dalam penelitian ini disarankan untuk siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren untuk meningkatkan kedisiplinan dalam cara belajar sehingga dapat dicapai pembelajaran yang efektif dan efisien dan hasil belajar yang diperoleh lebih baik lagi. Sedangkan untuk siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren untuk meningkatkan kedisiplinan dalam belajar sehingga mampu mempertahankan dan meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Untuk peneliti selanjutnya hendaknya lebih bisa menambahkan variabel-variabel lain yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Sehingga penelitian yang selanjutnya akan bisa lebih dikembangkan lagi dan bisa menjadi lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38964 |
Actions (login required)
View Item |