Penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan contextual teaching learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-9 pada pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Grogol Kediri / Winda Aprillia

Aprillia, Winda (2011) Penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan contextual teaching learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-9 pada pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Grogol Kediri / Winda Aprillia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: model pembelajaran Mind Mapping, pendekatan Contextual Teaching Learning , hasil belajar. Hasil belajar merupakan suatu puncak proses belajar. Dengan hasil belajar siswa menunjukkan kemampuannya memecahkan tugas-tugas belajarnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas X-9 serta observasi di kelas X-9 hasil belajar siswa pada mata pejaran ekonomi di SMA Negeri 1 Grogol masih tergolong rendah karena jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas Standart Ketuntasan Belajar Minimum belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang mana ketuntasan belajar secara klasikal di SMA Negeri 1 Grogol Kediri di tetapkan sebesar 75%. Hal itu dibuktikan dengan sebelum diterapkan model pembelajaran mind mapping berdasarkan nilai UH hanya 15 siswa atau 40,54% dari 37 siswa yang dikatakan tuntas belajarnya. Sedangkan berdasarkan nilai UAS hanya 11 siswa atau 29,73% siswa yang dikatakan tuntas dalam belajarnya. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang bisa mengkonstruk ide-idenya sendiri dan mengalami kesulitan dalam mengingat konsep-konsep pada mata pelajaran ekonomi sehingga siswa menjadi merasa bosan atau kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ekonomi sehingga menyebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi menjadi rendah. Upaya mengatasi masalah tersebut, diperlukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan contextual teaching learning. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Maret sampai 16 April 2011. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa yang diperoleh dari kegiatan kerja kelompok atau diskusi dan tes akhir tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-9 di SMA Negeri 1 Grogol Kediri yang terdiri dari 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan contextual teaching learning yang dilakukan pada siswa kelas X-9 pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Grogol Kediri mengalami peningkatan berdasarkan hasil observasi dari pelaksanaan siklus I ratarata persentase keberhasilan tindakannya sebesar 66,67% dengan skor klasifikasi baik. Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase keberhasilan tindakannya sebesar 85,1% dengan skor klasifikasi baik sekali, sehingga terjadi peningkatan ii sebesar 18,43%. Selain itu, penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan contextual teaching learning yang dilakukan pada siswa kelas X-9 pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Grogol Kediri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dari aspek kognitif secara keseluruhan mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus I kemudian ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan ke siklus I berdasarkan nilai Ulanagan Harian sebesar 24,32% dan berdasarkan nilai Ujian Akhir Semester sebesar 35,13%. Tetapi pada siklus I belum memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal (<75%). Dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 16,22%. Dan pada siklus II ini ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai (75%). Selain itu, hasil belajar siswa dari aspek afektif dan psikomotor secara keseluruhan juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari aspek afektif peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 21,62%, sedangkan dari aspek psikomotor peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 14, 26 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan contextual teaching learning mengalami peningkatan begitu juga hasil belajar siswa kelas X-9 di SMA Negeri 1 Grogol Kediri pada mata pelajaran ekonomi mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan contextual teaching learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38962

Actions (login required)

View Item View Item