Sumanggar, Eries (2011) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi / Eries Sumanggar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kecerdasan intelektual kecerdasan emosi kecerdasan spiritual dan hasil belajar Kecerdasan intelektual menitikberatkan pada kemampuan intelek manusia pada kemampuan aritmatik logis dan verbal. Banyak orang berpendapat bahwa untuk dapat meraih kesuksesan dalam belajar seseorang harus mempunyai kecerdasan intelektual yang tinggi. Padahal diperluksn pula kecerdasan emosi yang sangat menunjang berfungsinya kecerdasan intelektual kecerdasan emosi membantu untuk mengenal diri sendiri orang lain dan lingkungan sekitar. Untuk memfungsikan kedua kecerdasan tersebut dengan efektif diperlukan kecerdasan spiritual yang merupakan kecerdasan tertinggi manusia yang mengintegrasikan semua kecerdasan manusia. Melalui kecerdasan intelektual kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual diharapkan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel kecerdasan intelektual kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen dengan sampel 53 siswa dari kelas tersebut sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel kecerdasan intelektual mempunyai thitung ttabel yaitu 4.455 2 008. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa variabel kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Untuk variabel kecerdasan emosi mempunyai nilai thitung 6.004 ttabel 2 008. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa variabel kecerdasan emosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Untuk variabel kecerdasan spiritual mempunyai nilai thitung 4.091 ttabel 2 008 sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dari data Anova diketahui F hitung F tabel yaitu 33 843 2 79 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara kecerdasan intelektual kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadapa hasil belajar. Dari hasil analisis diketahui pula bahwa sekitar 67 4 % hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel kecerdasan intelektual kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual sedangkan 32 6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel kecerdasan intelektual kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Selain dari hasil analisis juga ditunjukkan dari hasil UAS siswa yang sebagian besar mempunyai nilai diatas standar ketuntasan minimum. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan variabel kecerdasan intelektual kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen pada mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |