Intensitas komunikasi kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang / Denantia Fema Hernandeni

Hernandeni, Denantia Fema (2018) Intensitas komunikasi kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang / Denantia Fema Hernandeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hernandeni, D. F. 2018. Intensitas Komunikasi Kepala Madrasah, Guru, dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd, (II) Dr. Hj. Maisyaroh, M.Pd. Kata Kunci: intensitas komunikasi, mutu pendidikan Pendidikan merupakan hal yang mendasar dan kebutuhan yang penting bagi manusia. Setiap manusia pasti membutuhkan pendidikan kapanpun dan dimanapun dia berada. Pendidikan sangat penting, artinya tanpa adanya pendidikan maka manusia tidak bisa berkembang dan bisa dikatakan terbelakang. Pendidikan juga harus direncanakan dan diarahkan. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas tersebut dimulai dari adanya penyelenggaraan pendidikan yang bermutu di madrasah. Masyarakat sering mengatakan bahwa antara kualitas dan mutu itu tidak dapat dipisahkan, karena saling berkaitan satu sama lain. Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan faktor utama untuk menjadikan madrasah bermutu juga harus diperhatikan, khususnya sumber daya manusia dari guru yang mengajar. Dikarenakan guru merupakan seseorang yang berdampak dalam kegiatan proses pembelajaran di madrasah. Madrasah yang mempunyai mutu baik dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing dimasa yang akan datang. Sesuai dengan indikator-indikator dalam peningkatan mutu di madrasah, intensitas komunikasi yang baik dapat mempengaruhi mutu pendidikan yang ada di madrasah tersebut. Mutu pendidikan dapat dilihat dari seberapa baik madrasah dalam mewujudkan madrasah yang berkualitas yang mampu menggerakkan seluruh sumber daya manusia untuk mencapai visi, misi, tujuan dan target dari madrasah. Tujuan penelitian ini secara rinci yaitu mengetahui: (1) proses komnikasi kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang; (2) strategi komunikasi antara kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dalam meingkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang; (3) pendukung dalam komunikasi kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dalam meingkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang; dan (4) penghambat dalam komunikasi kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dalam meingkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan temuan informasi dengan menggunakan triangulasi, pengecekan anggota, perpanjangan waktu pengamatan, dan kecukupan bahan referensi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat empat temuan penelitian diantaranya: (1) Proses komunikasi kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang, yang didalamnya terkait (a) komunikasi antarpersonal; (b) komunikasi kelompok; dan (c) komunikasi ii massa, (2) Strategi komunikasi kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang, yaitu: (a) melakukan pendekatan; (b) jangan ada jarak antara sesama pegawai; (c) komunikasi yang dapat dipertanggungjawabkan; (d) komunikasi yang dilakukan secara santai; (e) memaksimalkan kegiatan yang ada; (f) pemberian motivasi; dan (g) komunikatif dan intensif, (3) Pendukung komunikasi kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang, yaitu: (a) fasilitas yang memadai jika melakukan komunikasi, baik itu yang bersifat mendesak atau tidak; (b) adanya pemberian motivasi oleh kepala madrasah setiap harinya; (c) pemberian reward dan hukuman agar pegawai termotivasi untuk lebih berkembang; (d) pemberian pelayanan yang baik kepada pengunjung min 1 kota malang; (e) jika ada permasalahan dan informasi yang penting langsung ditanggapi oleh semua anggota madrasah; (f) komunikasi yang dilakukan secara santai; (g) pegawai yang memiliki rasa profesional, inovasi, integrasi, tanggungjawab, dan (h) keteladanan, (4) Penghambat komunikasi kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 1 Kota Malang, yaitu: (a) kesenioritasan; (b) tamu MIN 1 Kota Malang yang memiliki argumen yang banyak; (c) rusaknya fasiitas madrasah (telepon); (d) kesibukan dari anggota komite madrasah; dan (e) kurang cepatnya respon jika pesan disampaikan di media komunikasi. Namun, pihak madrasah mempunyai alternatif pemecahan masalah yang dilakukan, yaitu: (a) menata bahasa; (b) bersikap profesional; (c) memiliki kesabaran dan tlaten; (d) jika ada masalah langsung ada tindakan perbaikan saat itu juga; (e) hasil diskusi disampaikan di grup whatsapp madrasah; dan (f) kepala madrasah langsung menegur dan memberikan pengertian jika diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada: (1) bagi kementerian agama, diharapkan komunikasi yang sudah dilakukan dengan baik melalui kebijakan dan aturan yang telah dibuat dan ditetapkan, disesuaikan dengan keadaan yang ada diberbagai lembaga pendidikan; (2) bagi madrasah dan pendidikan agama, diharapkan layanan dan bimbingan di bidang penyelenggaraan pendidikan melalui komunikasi yang dilakukan dengan ditambahkan dengan fakta yang ada, sehingga akan ada perbaikan atau peningkatan dari layanan yang diberikan yang akan meningkatkan mutu pendidikan; (3) bagi kepala MIN 1 Kota Malang, diharapkan agar adanya sarana dan prasarana tambahan dalam proses penyampaian pesan agar cepat dan tepat pada ruangan-ruangan yang belum ada media komunikasi yang dibutuhkan pegawai; (4) bagi guru MIN 1 Kota Malang, agar meningkatkan kinerja yang bagus harus terus dilakukan seperti itu dapat meningkatkan nilai mutu pendidikan yang ada di madrasah menjadi lebih baik lagi; (5) bagi tenaga kependidikan MIN 1 Kota Malang, bahwa sikap saling membantu satu sama lain juga perlu terus dilakukan agar tercipta kerukunan bersama; (6) bagi jurusan administrasi pendidikan, agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tema penelitian mahasiswa berikutnya yang terkait dengan komunikasi yang terjalin di madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dilakukan disetiap lembaga pendidikan; dan (7) bagi peneliti lain, dapat melanjutkan pada bagian yang belum terungkap secara menyeluruh pada kegiatan-kegiatan yang ada di madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item