Pengaruh modernitas individu dan kondisi ekonomi orang tua terhadap persepsi siswa tentang melek ekonomi (Economic Literacy) (Studi kasus kelas VII di SMP 3 Malang) / Allan Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas individu dan kondisi ekonomi orang tua terhadap persepsi siswa tentang melek ekonomi (Economic Literacy) (Studi kasus kelas VII di SMP 3 Malang) / Allan Firdaus

Firdaus, Allan (2011) Pengaruh modernitas individu dan kondisi ekonomi orang tua terhadap persepsi siswa tentang melek ekonomi (Economic Literacy) (Studi kasus kelas VII di SMP 3 Malang) / Allan Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci melek ekonomi modernitas individu kondisi ekonomi Dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dunia pendidikan dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikannya. Permasalahan ekonomi yang ada saat ini tidak akan terjadi jika masyarakat faham betul akan melek ekonomi (economic literacy). Maka dari itu kita sadar betul akan pentingnya pengetahuan dasar ekonomi. Karena dengan mempelajari ekonomi maka manusia akan dapat memecahkan masalah yang dihadapi misalnya dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Dengan pemahaman akan pengetahuan dasar ekonomi masyarakat atau dalam hal ini peserta didik akan lebih mengerti arah kebijakan yang diambil oleh pemerintah oleh karena itu pemahaman ekonomi harus ditanamkan sejak dini dan jembatan yang tepat adalah Sekolah Menengah Pertama. Ada dua faktor yang mempengaruhi melek ekonomi siswa yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern disini adalah modernitas individu siswa sedangkan faktor ekstern adalah kondisi ekonomi orang tua karena dengan modernitas individu yang baik dan kondisi ekonomi yang tinggi maka akan berpengaruh pada melek ekonominya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kausalitas. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh modernitas individu dan kondisi ekonomi orang tua secara parsial maupun secara simultan terhadap persepsi siswa tentang melek ekonomi (economic literacy). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 3 Malang Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengambilan jumlah sampel tersebut karena keterbatasan peneliti dalam hal waktu dan luasnya ruang lingkup penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1. Modernitas individu peserta didik kelas VII di SMP N 3 Malang dikategorikan sangat baik 2. Kondisi ekonomi orang tua peserta didik kelas VII di SMP N 3 Malang dikategorikan baik. 3. Persepsi siswa kelas VII di SMP N 3 Malang tentang Melek ekonomi dikategorikan sangat tinggi. 4. Hubungan modernitas individu terhadap persepsi siswa kelas VII di SMP N 3 Malang tentang melek ekonomi dikategorikan tinggi. 5. Hubungan kondisi ekonomi orang tua peserta didik terhadap persepsi siswa kelas VII di SMP N 3 Malang tentang melek ekonomi dikategorikan tinggi. 6. Modernitas individu dan kondisi ekonomi orang tua terhadap persepsi siswa kelas VII di SMP N 3 Malang tentang melek ekonomi dikategorikan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38956

Actions (login required)

View Item View Item