Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN Kota Blitar / Candra Purwibawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN Kota Blitar / Candra Purwibawa

Purwibawa, Candra (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN Kota Blitar / Candra Purwibawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci persepsi siswa tentang fasilitas belajar persepsi siswa tentang kompetensi guru Berdasarkan Undang-Undang Repulik Indonesia Pasal 45 Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dikatakan bahwa setiap satuan pendidikan harus menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik kecerdasan intelektual sosial emosional serta kejiwaan peserta didik. Menurut Undang-undang Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ditetapkan bahwa guru harus memiliki empat kompetensi yaitu (1) kompetensi pedagogik (2) kompetensi kepribadian (3) kompetensi profesional dan (4) kompetensi sosial Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (1) pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN kota Blitar (2) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN kota Blitar (3) pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN kota Blitar. Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh signifikan antara perseps siswa tentang fasilitas belajar dan kompetensi guru terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian fasilitas belajar dan kompetensi guru didasarkan pada persepsi siswa. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 78 siswa. Teknik pengambilan data untuk variabel persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan kompetensi guru menggunakan angket dengan jumlah pertanyaan fasilitas belajar 14 soal kompetensi guru 19 soal. Sedangkan pengambilan data variabel Hasil belajar siswa dengan Dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang fasilitas belajar di MAN Kota Blitar menurut persepsi siswa adalah 28 22 % Cukup Baik 53 84 % Baik 17 94% Sangat Baik. Sedangkan kompetensi guru di persepsikan siswa MAN Kota Blitar 15 38% Kurang Baik 71 79% Cukup Baik dan 12 83% Baik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat signifikansi pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhadap hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0 046 945 0 05 dan thitung 7.591 ttabel 1.664. Maka dapat diketahui bahwa Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Kota Blitar. Sedangkan persepsi siswa entang kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikansi 0 000 945 0 05 dan thitung 12.361 ttabel 1.664. Maka dapat diketahui bahwa Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar siswa kelas MAN Kota Blitar dan pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa dapat diketahui nilai Fhitung 81.621 Ftabel 1.530 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 945 0 05 dengan demikian dapat dikatakan bahwa Fasilitas Belajar dan kompetensi guru memiliki pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa dan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan kompetensi guru mempengaruhi hasil belajar sebesar 68.5%. Berdasarkan keseluruhan analisa yang yang telah dilakukan pada fasilitas belajar dan kompetensi guru terhadap hasil belajar menurut persepsi siswa fasilitas belajar yang baik meskipun dengan kompetensi guru cukup baik dapat memperoleh hasil belajar yang baik. Bagi Universitas Negeri Malang hasil penelitian ini diharapkan menambah perbendaharaan kepustakaan. Bagi MAN kota Blitar khususnya kepala sekolah diharapkan perbaikan dan penambahan fasilitas belajar untuk memperlancar proses belajar mengajar. Bagi guru ekonomi sebaiknya lebih meningkatkan kompetensinya dengan cara mengikuti pelatihan atau seminar yang berhubungan dengan kompetensi guru. Bagi peneliti selanjutnya dari hasil penelitian ini masih terdapat kekurangan maka dari itu apabila meneliti hal yang sama dengan penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan hal-hal yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38954

Actions (login required)

View Item View Item