Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada pembelajaran geografi materi siklus hidrologi Kelas x SMA. / Azhar Mada Raharja</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada pembelajaran geografi materi siklus hidrologi Kelas x SMA. / Azhar Mada Raharja</p>

Raharja, Azhar Mada (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada pembelajaran geografi materi siklus hidrologi Kelas x SMA. / Azhar Mada Raharja</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesulitan peserta didik dalam memahami materi siklus hidrologi yang abstrak dan kompleks disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran berbasis teknologi Terdapat juga sebuah dampak yang ditimbulkan akibat adanya sebuah zaman revolusi industri 4.0 dalam aspek kreativitas dalam dunia pendidikan semakin meningkat sehingga guru berperan aktif dalam mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sebuah efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi siklus hidrologi mata pelajaran geografi. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model desain penelitian ADDIE. Hasil dalam analisis tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality menurut validator ahli materi yaitu sebesar 95% dan ahli media sebesar 87% selanjutnya juga dari responden peserta didik yaitu sebesar 91 36% dan responden guru sebesar 89 4% dari 4 penilaian tersebut termasuk dalam kriteria sangat tinggi dari empat kriteria lain yaitu tinggi rendah dan sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis AR pada materi Siklus Hidrologi Mata Pelajaran Geografi di kelas X SMA Mayoritas dari indikator tersebut memiliki kriteria sangat tinggi. Jadi pengembangan media pembelajaran ini memiliki efektifitas yang tinggi dan mampu menstimulasi dalam proses belajar peserta didik. Mayoritas peserta didik juga tidak kesulitan dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389536

Actions (login required)

View Item View Item