Pengembangan buku ajar digital geografi SMA materi dinamika atmosfer menggunakan aplikasi publuu dengan pendekatan hots (high order thinking skill) / Hikmah Al Fadani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar digital geografi SMA materi dinamika atmosfer menggunakan aplikasi publuu dengan pendekatan hots (high order thinking skill) / Hikmah Al Fadani</p>

Hikmah, Al Fadani (2024) Pengembangan buku ajar digital geografi SMA materi dinamika atmosfer menggunakan aplikasi publuu dengan pendekatan hots (high order thinking skill) / Hikmah Al Fadani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pergantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka di Indonesia memberikan dampak signifikan di bidang pendidikan salah satunya adalah penggunaan bahan ajar seperti buku keluaran kurikulum merdeka yang kurang efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan minimnya materi informatif yang disajikan dengan tuntutan pembelajaran yang lebih banyak sehingga menjadikan peserta didik kurang dari segi pemahaman dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti terdorong untuk mengembangkan buku ajar digital dengan pendekatan HOTS pada materi dinamika atmosfer untuk meningkatkan pemahaman dan melatih peserta didik untuk berpikir kritis. Dengan model penelitian yang digunakan adalah model 4D yang meliputi (Define Design Development and Disseminate) dan dimodifikasi sampai tahap Development. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dengan menggunakan angket terbuka dan tertutup dengan data yang dihasilkan berupa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan proses validasi yang telah dilakukan hasil dari ahli materi dan ahli bahan ajar menunjukkan bahwa buku ajar digital ini sangat layak. Uji coba di kelas dan tanggapan dari guru juga mengindikasikan penerimaan yang sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diseminasi produk Buku Ajar Digital Geografi dengan materi Dinamika Atmosfer yang menggunakan Pendekatan HOTS valid serta sangat layak diterapkan dalam proses pembelajaran geografi

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389535

Actions (login required)

View Item View Item