Pengaruh model problem based learning berbantuan google earth terhadap kemampuan berpikir analitis siswa / Zahroh Hayati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berbantuan google earth terhadap kemampuan berpikir analitis siswa / Zahroh Hayati</p>

Hayati, Zahroh (2024) Pengaruh model problem based learning berbantuan google earth terhadap kemampuan berpikir analitis siswa / Zahroh Hayati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran abad 21 menekankan pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi diantaranya yaitu kemampuan berpikir analitis. Namun fenomena yang acap kali dijumpai selama pembelajaran geografi yaitu siswa terlalu bergantung pada kegiatan belajar yang berpusat pada guru saja untuk mendapatkan pengetahuan sehingga menghambat perkembangan kemampuan berpikir analitisnya. Model berbasis masalah adalah contoh model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini memiliki tujuan yakni dalam rangka mengidentifikasi pengaruh model problem based learning berbantuan google earth terhadap kemampuan berpikir analitis siswa dalam materi mitigasi bencana. Penerapan model problem based learning bersama dengan google earth menawarkan manfaat penting yaitu siswa dapat melakukan kunjungan virtual ke berbagai situs melakukan analisis data geografis dan terlibat dalam kegiatan proyek kolaboratif semuanya tanpa dibatasi oleh jarak fisik. Penelitian ini tergolong dalam kategori penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Implementasinya mencakup dua kelas yang diberikan dua perlakuan berbeda berupa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang dipilih berupa tes esai yang berjumlah 5 butir soal dan telah disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir analitis siswa. Data diperoleh melalui penilaian posttest yang diberikan kepada siswa setelah pelaksanaan perlakuan. Data yang terkumpul kemudian diverifikasi menggunakan IBM SPSS Statistic 25 for windows. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa (H ) ditolak dan (H ) diterima sehingga diartikan bahwasanya model problem based learning berbantuan google earth menimbulkan pengaruh yang signifikan pada perkembangan kemampuan berpikir analitis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389534

Actions (login required)

View Item View Item