Pengembangan media pembelajaran pop up book &ldquo;atmograf&rdquo; pada materi dinamika atmosfer / Gisela Noer Ashra</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pop up book &ldquo;atmograf&rdquo; pada materi dinamika atmosfer / Gisela Noer Ashra</p>

Ashra, Gisela Noer (2024) Pengembangan media pembelajaran pop up book &ldquo;atmograf&rdquo; pada materi dinamika atmosfer / Gisela Noer Ashra</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh analisis kebutuhan yang menunjukkan adanya keterbatasan alat bantu belajar yang dapat memvisualisasikan materi Dinamika Atmosfer. Oleh karena itu diharapkan terdapat media yang praktis dan efektif untuk dipraktikkan dalam aktivitas belajar. Dengan memperhatikan hal tersebut penelitian ini berfokus menghasilkan media pembelajaran berupa Pop Up Book yang dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mempelajari materi Dinamika Atmosfer. Model yang diterapkan adalah ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Uji coba media dilaksanakan kepada kelas XI IPS 1 di MA Bilingual Kota Batu. Temuan penelitian menyatakan bahwa uji kelayakan materi sebesar 82 5% dan uji kelayakan media sebesar 100% sehingga dapat dikategorikan sangat layak digunakan. Uji efektivitas mendapatkan hasil sebesar 77% yang dikategorikan sebagai sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Sementara uji kepraktisan didapatkan dari angket respons dengan skor 100% dari guru dan 87 5% dari peserta didik hal ini mengindikasikan bahwa media dikategorikan sebagai sangat praktis. Berdasarkan pada hasil uji tersebut maka media Pop Up Book ldquo ATMOGRAF rdquo layak diaplikasikan sebagai media pembelajaran oleh guru dan peserta didik untuk mendukung proses pembelajaran dan membantu peserta didik memahami materi Dinamika Atmosfer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389524

Actions (login required)

View Item View Item