Rizkyanto, Muhammad Yusuf (2024) Pengembangan geo-maritime virtual reality sebagai media pembelajaran geografi untuk membangun wawasan kemaritiman / Muhammad Yusuf Rizkyanto</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Pembelajaran berteknologi dalam kurikulum merdeka memiliki peran yang penting dalam memfasilitasi pembelajaran di sekolah. Berkembangnya teknologi pembelajaran virtual reality (VR) di dunia pendidikan mendorong peneliti dalam peningkatan pengalaman dan pengetahuan siswa dalam lingkungan VR pada pembelajaran Geografi. Materi Posisi strategis dan pengelolaan sumberdaya alam dalam pembelajaran Geografi tentunya tidak lepas dari Indonesia sebagai negara maritim. Pembelajaran dengan media VR memberikan pengalaman belajar secara lebih mendalam terkait materi Geo-Maritim dengan menghadirkan objek pembelajaran di kelas. Implementasi kurikulum merdeka mengharuskan adanya kearifan lokal untuk menguatkan karakteristik siswa. Objek muatan lokal yang dihadirkan yaitu Pantai Peh Pulo dan Pantai Serang Blitar dengan karakteristiknya masing-masing. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media berteknologi Geo-Maritime Virtual Reality (GMVR) dengan muatan lokal untuk membangun wawasan kemaritiman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian reseach and development dengan menggunakan model ADDIE (Analyze Design Development Implementation and Evaluation). Hasil uji validitas materi media GMVR memperoleh presentase 88 9% dan uji validitas media memperoleh presentasi 86 8%. Tahap uji coba media kepada guru mata pelajaran Geografi memperoleh presentase 98 8% dan uji coba pada siswa memperoleh presentasi 84 3%. Implementasi media mendapatkan hasil uji hipotesis dengan nilai signifikasi (2-tailed) le 0 05 pada indikator pemecahan masalah kemaritiman yaitu 0.017 yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada indikator tersebut. Namun pada indikator lainya nilai signifikasi lebih (2-tailed) ge 0.05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hanya pada indikator pemecahan masalah kemaritiman menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |