Dewantara, Refo Agung (2024) Pengaruh model project based learning dengan pendekatan berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa / Refo Agung Dewantara</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Project Based Learning dengan pendekatan berdiferensiasi adalah pembelajaran inovatif yang memberikan kebebasan pendidik dalam mengatur pembelajaran dengan melibatkan kerja proyek. Karakteristik siswa yang beragam menjadi tantangan bagi guru dalam mengoptimalkan potensi dan kebutuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model PjBL dengan pendekatan berdiferensiasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Pendekatan diferensiasi yang digunakan terdiri dari diferensiasi konten proses dan produk. Dalam penelitian ini terdapat indikator yang menjadi acuan berpikir kreatif yakni lancar luwes orisinil terinci. Penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan posttest control group design. Terdiri dari 72 siswa MAN Kota Batu sebagai subjek penelitian dengan rincian yang sama 36 siswa di kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Analisis data melalui uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan hasil signifikansi 0 200 di kelas kontrol lalu 0 153 di kelas eksperimen. Kedua kelas memperoleh skor signifikansi gt 0 05 yang berarti data berdistribusi normal dan uji homogenitas Levene rsquo Test sebesar 0 308 gt 0 05 maka sampel dinyatakan memiliki variasi yang homogeny. Pengujian hipotesis melalui Independent Sample T-Test memperoleh nilai sig (2-tailed) 0 027 lt 0 05 dengan rataan skor kelas eksperimen (89 22) lebih besar daripada kelas kontrol (85 28). Berdasarkan analisis tersebut membuktikan bahwa penerapan PjBL dengan pendekatan berdiferensiasi berpengaruh pada kemampuan siswa dalam berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |