Penerapan metode pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-7 di SMAN 8 Malang / M. Kasful Anwar Hasbi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-7 di SMAN 8 Malang / M. Kasful Anwar Hasbi

Hasbi, M. Kasful Anwar (2011) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-7 di SMAN 8 Malang / M. Kasful Anwar Hasbi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci TAI ( Team Assisted Individuallization) Motivasi Belajar Hasil Belajar Pendidikan dapat dikatakan berkualitas apabila proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan peserta didik mengalami proses pembelajaran yang bermakna. Pendidikan berkualitas apabila terjadi penyelenggaraan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan melibatkan semua komponen-komponen pendidikan seperti mencakup tujuan pengajaran guru dan peserta didik bahan pelajaran strategi atau metode belajar mengajar alat dan sumber pelajaran serta evaluasi. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka diperlukan sebuah metode pembelajaran yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran terutama dalam proses pembelajaran ekonomi.Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penyempurnaan proses belajar yang meliputi sistem penilaian dan metode pembelajaran. Salah satu bentuk model pembelajaran ialah Pembelajaran Kooperatif Model TAI ( Team Assisted Individuallization). Dalam penelitian ini menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAI ( Team Assisted Individuallization) mampu melatih siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar serta siswa lebih bisa bekerjasama dengan siswa lain dalam berdiskusi siswa lebih aktif dalam pembelajaran siswa lebih sering mengajukan pertanyaan tentang materi yang dijelaskan secara utuh siswa lebih berani menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif model TAI ( Team Assisted Individuallization). selain itu untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan metode pembelajaran kooperatif model TAI ( Team Assisted Individuallization) pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi catatan lapangan dan tes. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif model TAI ( Team Assisted Individuallization) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilaksanakannya model kooperatif model TAI. Sebelum dilaksanakannya model kooperatif model TAI pada kegiatan pre tes pada siklus I rata-rata kelas 54.6 dengan presentase ketuntasan klasikal ssebesar 18.75% dan setelah dilaksanakan model kooperatif model TAI rata-rata kelas mengalami kenaikan dari 54.6 menjadi 78.75 dan ketuntasan hasil belajar klasikal juga mengalami kenaikan dari 18.75% menjadi 78.12% namun hal tersebut belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal minimal yakni 80%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas juga mengalami kenaikan dari 55.33 menjadi 80.25. Ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari 27.77% menjadi 88.88%. Hasil belajar aspek afektif juga meningkat dari siklus I sebesar 56.25% menjadi 94.44% pada siklus II. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yakni pada siklus I rerata siklusnya sebesar 54.79% kategori cukup baik menjadi 75.79% kategori baik pada siklus II. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAI ( Team Assisted Individuallization) bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (2) Untuk kesempurnaan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAI ( Team Assisted Individuallization) maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap-tahap yang harus dilakukan dalam metode pembelajaran tersebut dan mendapatkan hasil optimal. (3) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38952

Actions (login required)

View Item View Item