Yanuar, Irma (2024) Pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan google sites terhadap kemampuan berpikir analitis siswa sma pada materi bencana hidrometeorologi / Irma Yanuar</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikir analitis penting dalam mempelajari ilmu geografi tetapi pada kenyataannya kemampuan berpikir analitis siswa di SMA Diponegoro Tumpang masih tergolong rendah. Siswa masih kesulitan menjawab pertanyaan dan terbatas menentukan solusi masalah maka diperlukan model yang efektif yakni model pembelajaran group investigation berbantuan google sites. Penelitian menggunakan jenis quasi eksperimen dengan desain posttest only control group. Subjek penelitian yakni kelas X E sebagai kelas eksperimen dan kelas X D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian mengunakan soal esai dengan jumlah 3 soal teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian memperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0 000 maka terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan google sites terhadap berpikir analitis. Google sites berfungsi memberikan stimulus informasi geografi dan panduan organisir penyelidikan yang dapat mengembangkan berpikir analitis siswa. Temuan dari penelitian bahwa penggunaan website google sites pada sintaks identifikasi masalah perencanaan investigasi menganalisis data dan menyusun laporan memberikan pengaruh terhadap keseluruhan indikator berpikir analitis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |