Model problem based learning berbantuan google sites pada kajian seisme: pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik / Rahmalia Kurnia Wardani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Model problem based learning berbantuan google sites pada kajian seisme: pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik / Rahmalia Kurnia Wardani</p>

Wardani, Rahmalia Kurnia (2024) Model problem based learning berbantuan google sites pada kajian seisme: pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik / Rahmalia Kurnia Wardani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

-Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran memiliki berbagai keunggulan untuk diterapkan yakni mampu mengembangkan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan permasalahan geosfer di lingkungan sekitar. Penerapan model PBL disempurnakan melalui media google sites yang berisi konten edukatif untuk memfasilitasi peserta didik dalam menganalisis dan menemukan solusi permasalahan seisme. Tujuan penelitian ini melihat pengaruh model PBL berbantuan google sites terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi seisme. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Malang dengan menggunakan rancangan post-test control group design dengan kelas eksperimen X.C dan kelas kontrol X.E. Tes berpikir kritis telah diuji validitas dan reliabilitas menggunakan indikator berpikir kritis yang diadaptasi dari Irmawati. Hasil uji independent sample t-test dengan Sig. (2-tailed) adalah 0.000 atau lt 0.05 dan rerata nilai kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti model PBL berbantuan google sites berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penerapan model PBL berbantuan google sites sejatinya menekankan peserta didik terus berkolaborasi pada aktivitas pembelajaran untuk berpikir kritis dalam menganalisa permasalahan siems dalam kehidupan sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389516

Actions (login required)

View Item View Item