Pengaruh pembelajaran science, environment, technology, and society (SETS) terhadap kemampuan berpikir spasial / WIDYA NUR HIDAYATI</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran science, environment, technology, and society (SETS) terhadap kemampuan berpikir spasial / WIDYA NUR HIDAYATI</p>

Hidayati, Widya Nur (2024) Pengaruh pembelajaran science, environment, technology, and society (SETS) terhadap kemampuan berpikir spasial / WIDYA NUR HIDAYATI</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir spasial merupakan penciri ilmu geografi kemampuan ini sangat dibutuhkan peserta didik di masa depan untuk menghadapi tantangan abad 21. Akan tetapi fakta yang ditemui di sekolah dalam kegiatan pembelajaran geografi tidak mengasah keterampilan ini. SETS adalah salah satu model pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi dan belakangan ini digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir spasial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model SETS terhadap kemampuan berpikir spasial. Penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test control group dan bersifat quasi experimental. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan untuk mengevaluasi instrumen. Untuk teknik analisis datanya uji prasyarat normalitas menggunakan shapiro wilk dan uji homogenitasnya levene rsquo s test for equality of variances dengan taraf 5%. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dimana terdapat pengaruh yang signifikan serta model pembelajaran SETS memiliki efektivitas sedang terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389509

Actions (login required)

View Item View Item