Mohammad, Gustiano (2024) Evaluasi buku teks geografi SMA/MA pada capaian pembelajaran peta, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis / Gustiano Mohammad</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Buku teks merupakan buku yang membantu mengajarkan ilmu tertentu. Meski memiliki tujuan yang mulia pada kenyataannya masih ada buku teks yang dapat dikatakan kurang sesuai sehingga buku tersebut kurang mampu dalam memenuhi fungsinya. Berbagai peneliti menemukan kesalahan dalam konten yang disajikan oleh buku teks maupun cara penyajiannya. Untuk menjaga agar kualitas dari buku teks yang beredar maka diterbitkanlah peraturan mengenai perbukuan yang dibahas dalam Permendikbudristek Nomor 25 Tahun 2022. Melalui peraturan tersebut pemerintah menekankan kesesuaian terkait dengan 4 aspek dalam buku yaitu aspek materi bahasa desain dan grafika(percetakan). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian buku teks Geografi SMA/MA kelas X dalam Capaian Pembelajaran Peta Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi Geografi. Adapun cara mengevaluasi kesesuaian tersebut dengan menilai tiga aspek yaitu aspek materi bahasa dan desain dengan bantuan dari instrumen review buku dari BNSP yang telah dimodifikasi. Hasil dari penilaian buku teks ini dilihat dari kesesuaian materi sebesar 95 69% yang berarti isi dari buku teks ini sudah benar dan sesuai dengan standar dari BNSP. Sementara itu aspek bahasa sebesar 100 00% yang mana dapat diartikan bahwa bahasa yang digunakan sudah baik dan benar. Terakhir aspek desain sebesar 90 00% visual yang disajikan sudah cukup baik dan sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |