Alghifarin, Nayla Adziva (2024) Penerapan model geographical inquiry learning pada materi dinamika kependudukan di indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritiis siswa Kelas xi IPS SMA Negeri 1 Lawang / Nayla Adziva Alghifarin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelaksanaan kegiatan belajar di kelas menunjukkan kelemahan dalam penerapannya terutama terlihat dari kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penurunan kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh sejumlah faktor termasuk model pembelajaran yang digunakan faktor internal siswa dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru. Model pembelajaran Geographical Inquiry diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat SMA. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus melalui empat tahapan yakni perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa dari kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Lawang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pemberian soal tes dengan analisis data yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II yang tercermin dari peningkatan skor tes pada setiap siklus. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa terjadi secara signifikan dari pra-siklus hingga siklus II dengan peningkatan persentase mencapai 41%. Temuan ini menegaskan bahwa model pembelajaran Geographical Inquiry efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Meskipun demikian terdapat kekurangan dalam penerapannya yang memerlukan peningkatan pada beberapa aspek agar hasil yang maksimal dapat tercapai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |