Permasalahan dan solusi guru ekonomi yang tersertifikasi dalam mengembangkan bahan ajar ekonomi (penelitian pada SMA Negeri di Kota Malang) / Maya Arista - Repositori Universitas Negeri Malang

Permasalahan dan solusi guru ekonomi yang tersertifikasi dalam mengembangkan bahan ajar ekonomi (penelitian pada SMA Negeri di Kota Malang) / Maya Arista

Arista, Maya (2011) Permasalahan dan solusi guru ekonomi yang tersertifikasi dalam mengembangkan bahan ajar ekonomi (penelitian pada SMA Negeri di Kota Malang) / Maya Arista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Masalah Solusi Pengembangan Bahan Ajar Kemampuan guru dalam menyusun perencanan pengajaran dan mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran merupakan salah satu indikator dari ketercapaian kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Perencanaan pengajaran dituntut dapat merumuskan kebutuhan belajar sumber belajar media pembelajaran dan bahan ajar yang dibutuhkan. Pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh guru ekonomi selama ini terdapat berbagai permasalahan yang menghambat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui masalah yang dihadapi guru dalam menembangkan bahan ajar dan solusi guru untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sampai 8 April 20111. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ekonomi pada SMA Negeri di Kota Malang. Analisis data secara deskriptif digambarkan dengan bantuan program microsoft office excel 2007 dengan teknik diagram yang menggambarkan frekuensi jawaban responden pada masing- masing pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar penting dilakukan untuk mendapatkan bahan ajar baru sesuai dengan yang diharapkan guru. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu Masalah yang dihadapi guru dalam mengembangkan bahan ajar meliputi keterbatasan kesediaan buku yang menjadi sumber bahan ajar dan diatasi dengan penggunaan sumber bahan ajar lain ketidak sesuaian isi buku dengan yang diharapkan guru dan diatasi dengan memadukan isi dari berbagai sumber bahan ajar ketidak mampuan guru mengakses internet untuk mencari sumber bahan ajar diatasi dengan mengikuti pelatihan-pelatiah dan seminat TIK serta menggunakan sumber bahan ajar lain masalah aktivitas guru yang cukup padat diatasi dengan memanfaatkan aktivitas tersebut untuk mendapatkan tambahan informasi mengenai pengembangan bahan ajar masalah kurangnya sarana-prasarana yang mendukung proses pengembangan bahan ajar diatasi dengan mengakses internet dengan biaya sendiri dan memohon pada pihak sekolah untuk memperbaiki fasilitas sarana-prasarana masalah tidak adanya patokan khusus pemilihan sumber bahan ajar dan patokan khusus evaluasi bahan ajar diatasi dengan mendiskusikan patokan tersebut dengan rekan MGMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38950

Actions (login required)

View Item View Item