Pengembangan media pembelajaran baluran ecotoursm berbantuan google sites pada materi keragaman&nbsp;hayati / Muhammad Risky Yanuar</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran baluran ecotoursm berbantuan google sites pada materi keragaman&nbsp;hayati / Muhammad Risky Yanuar</p>

Yanuar, Muhammad Risky (2024) Pengembangan media pembelajaran baluran ecotoursm berbantuan google sites pada materi keragaman&nbsp;hayati / Muhammad Risky Yanuar</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi pada era revolusi industri 4.0 berjalan dengan pesat seperti halnya dunia pendidikan. Kemajuan teknologi di dunia pendidikan semakin canggih dengan memanfaatkan media sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media serta melihat kelayakan dan kepraktisan dari media pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dirancang menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini berupa validasi angket materi dan validasi media kemudian angket respon siswa dan guru setelah penggunaan media. Implementasi dilakukan kepada siswa dan guru SMAN 1 Asembagus dengan mendapat respon positif. Hasil penelitian menunjukkan pada ahli materi yang memperoleh hasil sebesar 86% (sangat layak) dan ahli media memperoleh hasil sebesar 78% (sangat layak). Hasil tanggapan siswa memperoleh rata-rata 87 9% (sangat praktis). Maka dapat disimpulkan media pembelajaran Ekowisata Baluran telah divalidasi dan layak untuk digunakan siswa dan guru dalam pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389491

Actions (login required)

View Item View Item