Khoiriyah, Ira Mufidatun (2024) Penerapan geography inquiry berbantu media augmented reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / IRA MUFIDATUN KHOIRIYAH</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Geography Inquiry dengan penekanan pada topik vulkanisme. Penelitian dilaksanakan di MA Almaarif Singosari selama semester genap tahun ajaran 2023/2024 melibatkan 37 siswa kelas X5. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas yang mencakup tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi dengan menggunakan model Geography Inquiry yang diperkaya dengan teknologi Augmented Reality. Penilaian keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan melalui tes dan observasi. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model Geography Inquiry memiliki efek positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa terlihat dari peningkatan hasil dari pra-tindakan ke siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata nilai siswa mencapai 67 97 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 35. Pada siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 78 65 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 50. Peningkatan yang signifikan telah diamati dalam persentase siswa yang mencapai nilai KKM menunjukkan hasil dalam kategori baik . Analisis mengindikasikan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model ini dengan peningkatan sebesar 39% pada siklus II dibandingkan tahap pra-tindakan. Kesimpulannya pembelajaran Geography Inquiry yang didukung oleh Augmented Reality terbukti berhasil dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X5 di MA Almaarif Singosari pada semester genap tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |