Sikap mahasiswa tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dalam menunjang kegiatan perkuliahan di Jurusan Ekonomi Pembangunan Podi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Rizka Puspita Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Sikap mahasiswa tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dalam menunjang kegiatan perkuliahan di Jurusan Ekonomi Pembangunan Podi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Rizka Puspita Laili

Laili, Rizka Puspita (2011) Sikap mahasiswa tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dalam menunjang kegiatan perkuliahan di Jurusan Ekonomi Pembangunan Podi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Rizka Puspita Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sikap Internet Sumber Belajar Kehadiran internet dengan segala sifat dan karakteristiknya yang khas telah dipandang sebagai sumber belajar (sumber informasi) masa depan. Internet mempunyai banyak potensi yang banyak mendukung proses pendidikan yang lebih baik. Namun sejauh ini tentang kehadiran internet dan manfaatnya dalam menunjang perkuliahan belum ditindak lanjuti lebih jauh dalam suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap mahasiswa mengenai (1) kendala-kendala pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (2) pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (sumber informasi) (3) fasilitas internet yang telah tersedia oleh FE-UM. Jenis atau rancangan penelitian ini adalah deskripstif sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2007 - 2010 FE-UM sedangkan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan propotionate stratified ramdom sampling dengan jumlah sampel sebesar 84 mahasiswa. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa (1) sikap mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2007 - 2010 Jurusan Ekonomi Pembangunan FE-UM tentang kendala pemanfaatan internet sebagai sumber belajar adalah dalam kategori cukup memberatkan sebesar (53 57%) (2) sikap mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2007 - 2010 Jurusan Ekonomi Pembangunan FE-UM tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (sumber informasi) adalah dalam kategori penting sebesar (58 34%) (3) penilaian mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2007 s/d 2010 tentang pelayanan internet FE-UM adalah kurang baik sebesar (44 04%). Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) agar mahasiswa lebih meningkatkan pengusaan bahasa Inggris agar bisa lebih optimal dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar yang dapat menunjang perkuliahan (2) mahasiswa lebih aktif meningkatkan kemampuannya (3) FE-UM perlu memperbaiki fasilitas yang ada sekarang dan (4) bagi peneliti yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta menambah variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38949

Actions (login required)

View Item View Item