Pengaruh model guided discovery learning berbantuan audio visual pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Aulia Winan Yanuariska</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model guided discovery learning berbantuan audio visual pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Aulia Winan Yanuariska</p>

Yanuariska, Aulia Winan (2024) Pengaruh model guided discovery learning berbantuan audio visual pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Aulia Winan Yanuariska</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guided Discovery Learning memiliki beberapa keunggulan yaitu membantu siswa menemukan konsep dengan mandiri memperkuat pemahaman dan rasa ingin tahu siswa siswa berpartisipasi aktif dalam pelajaran dapat membantu siswa dalam melakukan pemecahan permasalahan serta berinteraksi dengan orang lain dapat memenuhi capaian tingkat kemampuan tinggi serta menghasilkan peningkatan kemampuan berpikir kritis mereka. Kemampuan berpikir kritis memegang peran penting pada pendidikan dikarenakan membantu siswa dalam melakukan pemecahan suatu permasalahan dan pengambilan keputusan yang tepat. Penerapan pendekatan Guided Discovery Learning dengan bantuan media audio visual guna karena dapat merangsang siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini ditujukan guna melihat pengaruh dari penerapan model Guided Discovery Learning berbantuan audio visual pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran geografi. Subjek penelitian yang dipergunakan yakni kelas XI IIS 2 SMAN 1 Lawang yang berjumlah 36 siswa dan XI IIS 5 SMAN 1 Lawang yang berjumlah 33 siswa. Pengukuran kemampuan berpikir kritis menggunakan tes esai yang didesain dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hipotesis penelitian menggunakan Uji-T dengan Mann Whitney U berbantuan IBM SPSS Statistics 26.00. Uji-T menunjukkan hasil yang signifikan yakni 0 000 kurang dari 0 05. Nilai tersebut mengindikasikan bahwasanya model Guided Discovery Learning berbantuan audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dapat dikatakan bahwasanya model Guided Discovery Learning berbantuan audio visual berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Lawang dalam mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389489

Actions (login required)

View Item View Item