Efektivitas perpaduan bahan ajar (hand out) dengan menggunakan model role playing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Malang / Rahadika - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas perpaduan bahan ajar (hand out) dengan menggunakan model role playing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Malang / Rahadika

Rahadika (2011) Efektivitas perpaduan bahan ajar (hand out) dengan menggunakan model role playing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Malang / Rahadika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci prestasi belajar siswa bahan ajar (hand out) model role playing Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang efektif masing-masing siswa minimal dapat menguasai indikator dari standart kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan senantiasa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor faktor tersebut antara lain adalah jenis bahan ajar serta model pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Penggunaan bahan ajar serta model pembelajaran yang ada saat ini masih banyak bersifat theacer oriented sehingga siswa cenderung pasif dalam proses belajar mengajar dikelas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah mampu menguasai materi pelajaran dan memilih bahan ajar metode dan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar hand out dengan model role playing dan ceramah dengan menggunakan bahan ajar LKS pada mata pelajaran Ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Malang yang berlangsung selama dua kali pertemuan dengan pokok bahasan Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan bahan ajar hand out dengan model role playing dan siswa kelas X-7 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model ceramah dengan menggunakan bahan ajar LKS. Teknik pengumpulan data melalui tes (pre-test dan post-test). Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas varian uji kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara siswa kelas X-6 dengan siswa kelas X-7 setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan bahan ajar hand out dipadukan dengan model role playing dengan materi bank dan lembaga keuangan bukan bank. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan siswa kelas X-6 yang diajar dengan menggunakan bahan ajar hand out dan model role playing pada materi Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Di mana penggunaan penggunaan bahan ajar hand out dengan Model role playing di SMA Negeri 1 Malang lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-6 pada mata pelajaran ekonomi dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah dengan menggunakan bahan ajar LKS. Saran sebagai berikut Lembaga Pendidikan SMA Negeri 1 Malang diharapkan dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar hand out dengan model role playing pada mata pelajaran ekonomi khususnya pada materi bank dan lembaga keuangan bukan bank. Guru mata pelajaran ekonomi dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar hand out dan model role playing pada saat menjelaskan materi bank dan lembaga keuangan bukan bank. Bahan ajar hand out dapat digunakan siswa untuk memperkaya materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38948

Actions (login required)

View Item View Item