Afrilianti, Devi (2011) Pemahaman siswa pada pokok bahasan dan penerapan pelajaran ekonomi dalam kehidupan sehari-hari (studi kasus siswa kelas X-3 dan X-4 Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari) / Devi Afrilianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pemahaman penerapan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada pokok bahasan pelajaran ekonomi serta penerapan pokok bahasan tersebut dalam kehidupan sehari-hari di Kelas X3 dan X4 Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang. Hal ini juga untuk mengetahui penyebab paham atau tidaknya siswa pada pokok bahasan pelajaran ekonomi agar bisa meningkatkan pemahaman siswa tersebut karena pemahaman dan penerapan merupakan hal yang penting dalam unsur pembelajaran. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan prosedur survey. Kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif merupakan perencana pelaksana pengumpulan data analis penafsir data dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian. Sehingga peneliti adalah instrumen kunci penelitian. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data dengan observasi kuesioner wawancara dan dokumentasi. Analisis data berpedoman pada model analisis pengolahan data dan pengolahan wawancara menggunakan analisis pengelompokan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama Pemahaman siswa pada pokok bahasan ekonomi masih tergolong kurang dan kekurang pahaman siswa pada pokok bahasan ekonomi itu karena kekurangtertarikan siswa pada pelajaran ekonomi. Selain itu bagusnya prestasi guru saat mengajar itu juga mempengaruhi ketertarikan siswa pada pelajaran ekonomi dan pemahaman siswa pada pokok bahasan ekonomi. Selain itu susah atau tidak sifat materi pada pokok bahasan juga mempengaruhi pemahaman siswa. Hal ini juga sesuai dengan aplikasi teori behavioristik kedua Penerapan siswa pada mata pelajaran ekonomi di atas maka didapat penjelasan bahwa penerapan itu juga penting terhadap pemahaman karena jika siswa sudah bisa menerapkan pokok bahasan dalam kehidupan sehari-hari maka kemungkinan besar siswa tersebut paham terhadap pokok bahasan meskipun ada siswa yang pernah menerapkan pokok kehidupan sehari-hari maka kemungkinan besar siswa tersebut paham terhadap pokok bahasan meskipun ada siswa yang pernah menerapkan pokok bahasan dalam kehidupan sehari-hari tanpa sengaja dan kurang dipahami. Jika siswa sudah paham pada pokok bahasan tersebut maka siswa bisa menerapkan pokok bahasan. Penerapan siswa terhadap pokok bahasan pelajaran ekonomi ini sudah lumayan sering dilakukan baik disengaja maupun tidak dan menurut siswa hal ini juga karena kegiatan ekonomi sering ada dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38945 |
Actions (login required)
View Item |