Analisis kesiapan guru ekonomi dalam implementasi rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMA Negeri 2 Lumajang) / Fitri Kusumawardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesiapan guru ekonomi dalam implementasi rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMA Negeri 2 Lumajang) / Fitri Kusumawardhani

Kusumawardhani, Fitri (2011) Analisis kesiapan guru ekonomi dalam implementasi rintisan sekolah bertaraf internasional (studi kasus di SMA Negeri 2 Lumajang) / Fitri Kusumawardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kesiapan guru ekonomi rintisan sekolah bertaraf internasional pembelajaran kurikulum ekonomi. Kesiapan Sumber Daya Manusia sekolah akan mempengaruhi kualitas proses pembelajaran iklim sekolah budaya sekolah prestasi belajar siswa. Peran guru juga harus diperhatikan terutama dalam hal kesiapan guru terutama guru ekonomi di dalam penerapan rintisan sekolah bertaraf internasional. Pada umumnya siswa kurang motivasi dalam menerima mata pelajaran ekonomi hal ini juga tidak terlepas dari peran guru di rintisan sekolah bertaraf internasional untuk terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada bidang studi ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal dari kesiapan guru ekonomi dalam implementasi rintisan sekolah bertaraf internasional yang mencakup pengetahuan penyusunan program pembelajaran proses pembelajaran pengayaan pengetahuan siswa dan penilaian di dalam rintisan sekolah bertaraf internasional. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan kebahasaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan dat digunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis induktif. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh lima simpulan sebagai berikut. Pertama guru ekonomi sudah cukup siap di dalam pengetahuan mengenai rintisan sekolah bertaraf internasional. Kedua penyusunan program pembelajaran sebagian besar telah memenuhi kriteria dalam penyusunan silabus dan RPP. Ketiga pelaksanaan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan sama persis seperti kegiatan pembelajaran yang direncanakan dalam RPP pembelajaran belum menggunakan bahasa bilingual hanya terbatas pemberian istilah asing dalam pembelajarannya. Keempat penguasaan siswa RSBI sudah terlihat baik karena guru ekonomi dalam proses pembelajaran memberikan/menyelipkan informasi aktual dan soal-soal olimpiade. Kelima penilaian hasil pembelajaran cukup siap guru memberikan pretest di awal pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana kesiapan siswa RSBI. Saran yang dapat diambil adalah kepala sekolah lebih aktif dalam memfasilitasi dan melakukan sosialisasi serta pengawasan terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran. Bagi guru disarankan untuk berusaha di dalam penguasaan dan pengetahuan bahasa inggris dan hendaknya mampu menciptakan dan mempertahankan kreatifitas serta inovasi baru di dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38944

Actions (login required)

View Item View Item