Ardiansyah, Iqbal Dio (2024) Pengembangan media digital intractive motion graphic berbantuan edpuzzle pada materi vulkanisme / Iqbal Dio Ardiansyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan zaman yang dinamis secara umum memberikan perubahan terhadap aspek pendidikan yang semakin terintegrasi dengan teknologi. Pemanfaatan teknologi dalam sektor pendidikan menciptakan berbagai kemudahan dan ketersediaan media pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan di MA Bilingual Kota Batu didapati hasil bahwa peserta didik membutuhkan pembaharuan media pembelajaran yang dapat mengilustrasikan materi vulkanisme yang sulit untuk dijangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media yang dapat membantu pemahaman peserta didik serta melihat kelayakan dan kepraktisannya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Dengan menggunakan media visual motion graphic peserta didik dapat melihat dengan jelas fenomena vulkanisme yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan uji validasi media 98 3% dan uji validasi materi 77 5%. Pada uji coba terhadap guru mendapatkan skor 100% dan uji coba terhadap siswa 90 6%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa media ini layak untuk di implementasikan dalam pembelajaran geografi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |