Putri, Retno Septiani (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dan peta pikiran (mind mapping) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-4 SMA Negeri 4 Malang semester genap tahun ajaran 2010-2011 / Retno Septiani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Peta Pikiran (Mind Mapping) Hasil Belajar Siswa Respon Siswa Manusia dalam hidupnya selalu berfikir. Dengan berfikir manusia berusaha memunculkan sesuatu melalui pikirannya. Sesuatu yang muncul dalam pikiran itu dapat berupa konsep gagasan maupun sesuatu yang berupa kreativitas. Kualitas kehidupan suatu bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan sehingga pembaharuan dalam dunia pendidikan harus selalu dilakukan. Namun selama ini banyak sekali anggapan bahwa pengetahuan yang diperoleh hanyalah seperangkat fakta-fakta yang dihafal oleh siswa karena pembelajaran di kelas kebanyakan masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 4 Malang ditemukan bahwa selama ini kegiatan pembelajaran ekonomi masih berpusat pada guru (teacher centered) sehingga menyebabkan kegiatan pembelajaran masih terbatas. Hal ini terjadi karena kecenderungan guru masih menggunakan metode ceramah dengan proporsi yang cukup banyak yang berorientasi pada ketercapaian dan ketuntasan materi mata pelajaran ekonomi. Oleh sebab itu dibutuhkan perubahan paradigma dalam proses pembelajaran dari yang bersifat teacher centered menjadi student centered untuk mendapatkan hasil yang berkualitas yaitu dengan cara pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) dan Peta Pikiran (Mind Mapping). Pembelajaran Kooperatif adalah pembelajaran yang terdiri dari 5 7 orang siswa dalam satu kelompok yang heterogen untuk dapat bekerjasama antar siswa sehingga siswa dapat berpatisipasi secara aktif dalam kelompoknya. Peta pikiran dalam penelitian ini pembelajaran adalah yang pembuatannya mampu mengaktifkan cara kerja otak dalam memahami dan menyimpan informasi mengenai konsep pembelajaran ekonomi dengan mengimplementasikan enam elemen Mind Mapping dalam pembuatannya yaitu pusat peta pikiran cabang utama cabang kata gamabar dan warna sehingga dapat membantu siswa dalam belajar dan memahami materi yang diberikan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang termasuk penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan awal pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 22 Maret sampai 12 April 2011. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X-4 semester gasal tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pengujian instrumen penelitian dilakukan dengan cara uji validitas uji reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil belajar siswa ranah kognitif diukur melalui pre test post test (siklus I dan II) ranah afektif sesuai dengan format penilaian rubrik ranah afektif sedangkan respon siswa diukur melalui angket dan pedoman wawancara di akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning) dan Peta Pikiran (Mind Mapping) yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-4 SMA Negeri 4 Malang. Dari paparan data menunjukkan bahwa untuk hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat. Hasil ini didasarkan pada nilai rata-rata 75 394 pada siklus I meningkat menjadi 85 394 pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa ranah afektif nilai sikap rata-rata 94 65 pada siklus I meningkat menjadi 99 99 pada siklus II. Sedangkan respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran kooperatif dan Peta Pikiran baik hal ini terbukti dengan 67% siswa yang menyatakan sangat setuju 28% siswa yang menyatakan setuju 4% siswa yang menyatakan kurang setuju serta 1% siswa yang menyatakan tidak setuju. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning) dan Peta Pikiran (Mind Mapping) yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-4 SMA Negeri 4 Malang. Saran dalam penelitian ini antara lain (1) bagi masing-masing tingkat satuan pendidikan dan guru mata pelajaran ekonomi dapat disarankan untuk menggunakan pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning) dan Peta Pikiran (Mind Mapping) hendaknya menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan kondisi kelas dan alokasi waktu dan hendaknya lebih mengawasi dan membimbing siswa dalam diskusi kelompok belajar agar tidak terjadi dominasi satu orang siswa (2) bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang sejenis pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning) dan Peta Pikiran (Mind Mapping).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |