Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Blitar tahun ajaran 2010/2011) / Akhmad Saifuddin Zuhri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Blitar tahun ajaran 2010/2011) / Akhmad Saifuddin Zuhri

Zuhri, Akhmad Saifuddin (2011) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Blitar tahun ajaran 2010/2011) / Akhmad Saifuddin Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kecerdasan Intelektual (IQ) Kecerdasan Emosional (EQ) Prestasi Belajar Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional bukanlah ketrampilan yang bertentangan melainkan ketrampilan yang sedikit terpisah. IQ dan EQ adalah sumber sinergis yang saling melengkapi tanpa yang satu yang lain tidak sempurna. IQ hanyalah salah satu pendukung keberhasilan seseorang keberhasilan seseorang tergantung pada kemampuan menggabungkan IQ dan EQ. Begitu pula kaitanya dengan keberhasilan belajar siswa yang tercermin dalam hasil evaluasi belajar ekonomi juga tidak lepas dari peranan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar ekonomi bagi siswa di SMA Negeri 3 Blitar. Maka rumusan penelitian ini (1) adakah pengaruh IQ terhadap prestasi belajar (2) adakah pengaruh EQ terhadap prestasi belajar (3) adakah pengaruh yang signifikan IQ dan EQ terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara variabel bebas (independent) terhadap variabel terikat (dependent). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 112 siswa dan diambil sampel sebanyak 53 siswa teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling yang didasarkan pada perhitungan rumus. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner tertutup untuk variabel kecerdasan emosional (X2) sedangkan untuk variabel kecerdasan intelektual (X1) dan prestasi belajar (Y) adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linear berganda uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F dan koefisien determinanasi (R2) pada taraf signifikansi 0 05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan secara parsial kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. t sebesar (0 003) (0 05) dan thitung (3 091) ttabel (1 684) analisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. t sebesar (0 000) (0 05) dan thitung (5 404) ttabel (1 684) Sedangkan secara simultan pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. t (0 000) (0 05) dan Fhitung (17 746) Ftabel (1 660) selain itu dari hasil analisis besar R Square adalah 0.415 hal ini berarti 41 5% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel X1 dan X2 sedangkan sisanya sebesar 58 5 % disebabkan oleh variabel lain diluar X1 dan X2 yang tidak diteliti dalam penelitian ini. ii Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Blitar. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1). Dengan melihat kenyataan dilapangan siswa ber-IQ rata-rata juga bisa menjanjikan kesuksesan dengan mengembangkan kemampuannya untuk memecahkan segala sesuatu masalah-masalah yang dihadapinya. Hal ini terbukti bahwa variabel kecerdasan emosional juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dengan mengembangkan kecerdasan emosional sejak dini melalui proses pembelajaran yang terus menerus akan berpengaruh baik terhadap prestasi belajar. (2). Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan intelektual rata-rata tidak perlu minder memiliki kecerdasan intelektual rata-rata juga bisa menjanjikan kesuksesan dengan mengembangkan kemampuan untuk memecahkan segala sesuatu masalah-masalah yang dihadapinya. Siswa tesebut bisa mengembangkan kecerdasan emosional (EQ) untuk meraih keberhasilan dengan cara melatih kemampuan-kemampuan yang terkait dengan kecerdasan emosional.(3). Bagi peneliti lain disarankan untuk meneliti lebih lanjut tentang prestasi belajar karena faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa tidak hanya berasal dari kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional masih banyak faktor lain yang bisa diteliti. Oleh karena itu peneliti selanjutnya perlu menggali faktor lain tersebut demi kesempurnaan skripsi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38940

Actions (login required)

View Item View Item