Implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar malang / Febrina Evananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar malang / Febrina Evananda

Evananda, Febrina (2018) Implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar malang / Febrina Evananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Evananda Febrina. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang. Skripi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.sos M.Pd Kata Kunci implementasi pendidikan karkter sekolah dolan Lembaga pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mencerdaskan anak didik saja akan tetapi lembaga pendidikan harus bisa membentuk karakter dan kepribadian peserta didik sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan agama yang dianutnya. Pendidikan karakter dijadikan landasan untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional yaitu agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak yang mulia dan ketrampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan Negara. Pendidikan karakter merupakan bagian terpenting dari tugas sekolah untuk itu upaya pembentukan karakter bagi peserta didik memang diperlukan sehingga dalam suatu pendidikan perlu dilakukan penyisipan nilai-nilai karakter karena lembaga pendidikan merupakan tempat untuk membentuk dan menghasilkan generasi yang unggul dalam bidang ilmu dan moral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pihak-pihak yang terlibat dalam implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang strategi penerapan nilai-nilai karakter di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang dan bentuk pengawasan pendidikan karakter pada Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis rancangan penelitian adalah studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Sehingga dengan informasi yang diperoleh dapat diketahui mengenai implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dolan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu peneliti sendiri dan pengecekan data dilakukan melalui triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan analisis data temuan penelitian yang dilakukan di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama pihak-pihak yang berperan dalam implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dolan adalah kepala sekolah yang berperan dalam mendukung keberhasilan pendidikan karakter di sekolah menyiapkan waktu tertentu untuk melakukan kegiatan evaluasi atau koordinasi terhadap jalannya pendidikan karakter. Kemudian tutor sebagai tutor berperan sebagai sumber belajar peserta didik sebagai contoh tauladan peserta didik dan sebagai motivator peserta didik. Selanjutnya adalah peran orangtua peserta didik yaitu menyiapkan diri menjadi model dan terlibat langsung dalam belajar anak. Kedua strategi penerapan nilai-nilai karakter di Sekolah Dolan yaitu terintegrasi dalam pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan dan budaya sekolah dan kegiatan outbond. Ketiga faktor pendukung vi dalam pelaksaan pendidikan karakter. Faktor pendukung pendidikan karakter diantaranya adanya keinginan yang kuat untuk mendidik peserta didik agar memiliki kepribadian yang baik kerjasama dengan guru dan orang tua peserta didik dan adanya fasilitas-fasilitas pendukung. Keempat faktor penghambat pendidikan karakter adalah kuranya kesadaran siswa dalam menerapkan pendidikan karakter dan sulitnya mengkondisikan siswa yang beragam karakteristik. Kelima pengawasan pendidikan karakter di Sekolah Dolan dilakukan secara langsung melalui rapat koordinasi dan evaluasi pengisian buku jurnal peserta didik dan Raport. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi (1) Kepala Dinas Pendidikan diharapkan agar hasil penelitian ini dijadikan pengambilan kebijakan tentang pendidikan karakter (2) Kepala Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang diharapkan kepala sekolah dapat meningkatkan perannya dalam memotivasi serta mempengaruhi warga sekolah dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter (3) Tutor di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang diharapkan untuk lebih memperbaiki kinerja tutor dalam proses kegiatan belajar mengajar agar dapat menekankan nilai sikap kepada peserta didik khususnya yang berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran kegiatan yang ada dalam budaya sekolah baik itu pendidikan karakter yang diberikan melalui kegiatan belajar mengajar berlangsung di dalam dan di luar kelas (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan untuk lebih mengoperasionalkan budaya berkarakter di Jurusan Administrasi Pendidikan serta dapat menambah kajian tentang pendidikan karakter dalam rangka peningkatan kinerja pegawai (5) Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan agar dapat mengarahkan mahasiswa agar dapat berperilaku baik (6) Peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini agar berguna bagi peningkatan pembentukan moral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item