Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving pada materi uang dan perbankan mata pelajaran ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 6 Malang / Iin Dian Erlanggani - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving pada materi uang dan perbankan mata pelajaran ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 6 Malang / Iin Dian Erlanggani

Erlanggani, Iin Dian (2011) Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving pada materi uang dan perbankan mata pelajaran ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 6 Malang / Iin Dian Erlanggani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem solving. Banyak sekali penerapan pembelajaran ekonomi yang diterapkan Guru dilingkungan sekolah. Siswa akan mengalami kebosanan bila guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk pembelajaran. Bila siswa mengalami kebosanan maka akan menimbulkan kurangnya semangat siswa untuk mempelajari ekonomi sehingga pengaruhnya akan terjadi penerapan pembelajaran kooperatif tidak efektif.Melalui pembelajaran Problem solving di harapkan siswa dapat berdiskusi secara kelompok untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi. Penelitian di SMA Negeri 6 Malangbertujuan sebagai berikut (1)Untuk Mengidentifikasi penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving di kelas X-1 SMA Negeri 6 Malang.(2) Mengidentifikasi efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model Problem solving untuk pelajaran ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 6 Malang.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Claaroom Action Researh). Dengan melihat Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving . PTK dilakukan proses pengkajian berdaur dari 4 tahap yaitu (1)perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) mengamati atau observasi (4) merefleksi.Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif Tetapi nantinya dalam penelitian ini untuk mengukur efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif dengan cara melihat hasil pengamatan I dan II. Berdasarkan paparan data pada Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving hasil analisis dari hasil observasi di peroleh data proses belajar siswa dalam proses pembelajaran pada pengamatan I yaitu 64 28%. Sedangkan jumlah keseluruhan pada saat diskusi kelompok penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving yaitu 71 87%. Hasil analisis dari hasil observasi di peroleh data proses belajar siswa dalam proses pembelajaran model problem solving pada pengamatan II yaitu 85 71%. Sedangkan hasil analisis pengamatan aktivitas siswa saat diskusi kelompok dari pengamatan II 87 5%. Data analisis dari ketepatan guru dalam menerapkan tindakan problem solving pada pengamatan I 73% Sedangkan ketepatan guru dalam menerapkan tindakan problem solving pada pengamatan II 85 22 Diharapkan penelitian serupa dimasa yang akan datang menjadi lebih baik. Bertitik tolak dari penelitian ini ada beberapa saran yang diajukan oleh peneliti antara lain (1) bagi guru Ekonomi hendaknya bisa menerapkan Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving dalam proses pembelajaran. (2) bagi sekolah hendaknya digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model problem solving. (3) bagi peneliti digunakan sebagai peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang pembelajaran model problem solving sebagai wahana untuk praktik pengembangan dan penerapan pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan sehingga dapat menjadi calon guru yang profesional sehingga dapat dijadikan referensi untuk digunakan penelitian lebuh lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38938

Actions (login required)

View Item View Item