Aplikasi model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung / Feny Retnani - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung / Feny Retnani

Retnani, Feny (2011) Aplikasi model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung / Feny Retnani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekarang ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berjalansangat pesat. Kemajuan IPTEK tidak lepas dari peran masyarakat yang berkualitas. Peran pendidikan adalah menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menghadapi tantangan dalam era globalisasi. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara penyempurnaan kurikulum yang saat ini sedang digunakan adalah kurikulum KTSP. Berdasarkan Peraturan Mendiknas No.22 23 24 tahun 2006 saat ini menggunakan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) paradigm pembelajaran konstruktivistik dimana terjadi perubahan orientasi proses pembelajaran dari mengajar menjadi membelajarkan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dianggap dapat menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran yang ditemui peneliti adalah model Learning Cycle sebab berdasarkan tahapan-tahapan pada model pembelajaran bersiklus siswa tidak hanya mendengar keterangan guru tetapi dituntut berperan aktif untuk menggali dan memperkaya pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang mereka dipelajari. Selain itu untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi catatan lapangan dan tes. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.I SMA Negeri 1 Kauman yang berjumlah 43 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yakni pada siklus I siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis kategori kurang pada siklus I sebesar 51% berkurang menjadi 14% pada siklus II kemudian siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis kategori cukup pada siklus I sebesar 30% meningkat menjadi 37% pada siklus II dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis kategori baik pada siklus I sebesar 19% naik menjadi 35% pada siklus II serta siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis kategori sangat baik pada siklus I sebesar 0% naik menjadi 14% pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar dapat dilihat peningkatan pada siklus I hasil belajar aspek kognitif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 74 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 67%. Pada siklus II hasil belajar aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 75 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 93%. Sehingga hasil belajar aspek kognitif siswa mengalami peninggkatan sebesar 29%. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. (2) Untuk kesempurnaan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap-tahap yang harus dilakukan dalam model pembelajaran tersebut sehingga mendapatkan hasil yang optimal. (3) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38936

Actions (login required)

View Item View Item